Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Musim Penghujan, BMKG: Waspada Angin Kencang di Jateng

Kompas.com - 05/11/2019, 17:48 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG.KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Semarang mengingatkan masyarakat agar lebih mewaspadai datangnya angin kecang dan hujan lebat yang bisa datang sewaktu-waktu di wilayah Jawa Tengah.

"Karena musim hujan terjadi lebih awal di daerah selatan serta pegunungan Jawa Tengah, saya minta masyarakat agar lebih waspada," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Semarang Iis Widya Harmoko saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/11/2019).

Baca juga: Yang Harus Diwaspadai Saat Musim Pancaroba, Angin Kencang hingga Puting Beliung

Iis menyebutkan, ada beberapa daerah di Jawa Tengah, yang masuk dalam kategori  hujan lebat, yakni Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, Pekalongan, Batang, dan Tegal bagian pegunungan.

"Secara umum di daerah Gunung Slamet dan sekitarnya sudah hujan selama 30 hari terkahir. Kemudian untuk daerah selatan Jawa Tengah dan pegunungan diperkirakan curah hujannya lebih dari 500 milimeter lebih lebat," jelas Iis.

Baca juga: Bogor Dilanda Angin Kencang, Atap Rumah-rumah Warga Rusak, Pohon Tumbang

Kendati demikian, menurut Iis, kondisi ini tidak berlaku untuk daerah Jawa Tengah bagian pantura, sebab di bagian pantura curah hujan masih terbilang rendah.

"Untuk hujan memang belum merata seluruhnya di Jawa Tengah ini, di daerah Pantura curah hujan masih terbilang sedikit," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com