Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

350 Orang Jadi Korban Penipuan Akumobil, Kerugian Capai Rp 35 Miliar

Kompas.com - 05/11/2019, 16:16 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Polisi membuka posko pengaduan korban Akumobil, sebuah perusahaan jasa penjualan mobil murah di Bandung. Sementara ini ada sekitar 350 orang yang terdata sebagai korban.

"Kita buka posko, silakan bagi korban agar melaporkan di posko kami agar kami data siapa saja yang jadi korban. Sementara sampai hari ini ada sekitar 350 orang mendaftar sebagai korban," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP M Rifai, di Mapolrestabes Bandung, Selasa (5/11/2019).

Dari seluruh korban yang mendaftar di posko tersebut, kerugian yang terdata sementara mencapai puluhan miliaran rupiah. "Sekitar 35 miliar," kata Rifai.

Baca juga: Pelaku Penipuan di Aceh, Mengaku Intel Polisi hingga Penyidik BNN

Seperti diketahui, polisi telah menetapkan tersangka terhadap Direktur Utama Akumobil yang berinisial BJB. Dijelaskan, tersangka ini membuat suatu PT bernama Akudigital Indonesia atau Akumobil.

Perusahaan ini menawarkan mobil seharga Rp 50 sampai Rp 59 juta, padahal harga sebenarnya di pasaran sekitar RP 150 juta.

"Mobil yang ditawarkan itu berupa Mobilio, Ayla, Kayla, kemudian akan diberikan satu setengah bulan kerja berarti sekitar dua bulan. Namun pada kenyataannya ada sebagian kecil yang sudah diberikan kepada nasabah namun sebagian besar yang belum diberikan," katanya.

Mengingat kendaraan yang dibeli para konsumen itu tak kunjung datang, beberapa waktu lalu, mereka mendatangi showroom Akumobil untuk menagih janji perusahaan.

"Tapi tidak ada solusi kemudian kita amankan, kemudian kita lakukan pemeriksaan dan tetapkan satu orang (tersangka)," katanya.

Polisi masih menyelidiki aliran uang konsumen Akumobil tersebut. "Kami masih selidiki," katanya.

Sebelumnya, polisi mengamankan tujuh orang pegawai Akumobil, yang terdiri dari direktur dan staf untuk diperiksa.

Baca juga: Pria Ini Mengaku sebagai Humas Pertamina dan Menipu Pencari Kerja

Ketujuhnya diamankan Kamis (31/10/2019) malam, ketika konsumen perusahaan itu menggeruduk kantor Akumobil yang berada di Jalan Sadakeling, Kota Bandung.

Mereka memprotes perusahaan tersebut lantaran kendaraan yang dibelinya tak kunjung datang.

"Mereka protes karena dua tiga bulan kendaraan tak kunjung ada," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com