Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kembalikan Citra Golkar, MKGR Jabar Dukung Bamsoet dalam Munas

Kompas.com - 05/11/2019, 14:37 WIB
Ari Maulana Karang,
Khairina

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Provinsi Jawa Barat, secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Bambang Soesatyo pada Munas Golkar yang rencananya digelar Desember 2019 mendatang.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua DPD MKGR Jawa Barat Agus Indra usai dilantik menjadi Ketua DPD MKGR Jawa Barat, Selasa (5/11/2019) di Pendopo Kabupaten Garut.

Bamsoet adalah kader Golkar terbaik saat ini, kita ingin ada Golkar ada perubahan, karena hari ini Golkar sudah keluar dari roh partainya sebagai partai yang dekat dengan rakyat,” jelas Agus kepada wartawan usai dilantik.

Baca juga: Saling Klaim Kubu Airlangga dan Bamsoet soal Dukungan Pimpin Golkar

Agus menegaskan, salah satu bukti Partai Golkar saat ini sudah jauh dari rakyat adalah bisa dilihat dari raihan suara Partai Golkar pada Pemilu 2019 dimana di Jawa Barat saja, yang dikenal sebagai lumbung suara Partai Golkar, raihan suaranya rusak.

“Jabar yang dianggap lumbung Golkar hari ini rusak, artinya Golkar sudah jauh dengan masyarakat, MKGR Jabar ingin mengembalikan kembali citra Partai Golkar,” katanya.

Agus Indra mengakui, pelantikan dirinya sebagai ketua MKGR memang tidak dihadiri oleh jajaran pengurus DPD Partai Golkar baik di tingkat provinsi dan kabupaten, termasuk anggota dewan dari fraksi partai Golkar di DPRD.

Hal ini menurutnya terjadi karena mereka takut dipecat oleh Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat.

“DPD dan anggota fraksi pada takut dipecat, karena ada ancaman dari ketua DPD Golkar Jabar apabila tidak mendukung Airlangga maka akan terjadi pemecatan,” katanya.

Di tempat yang sama, Bendahara Umum DPP MKGR Arman Amir menyambut baik deklarasi dukungan DPD MKGR Jawa Barat kepada Bamsoet pada Munas Golkar nanti.

Baca juga: Bakal Maju Jadi Caketum Golkar, Bamsoet Diingatkan soal Dukungannya terhadap Airlangga

Menurutnya, hal ini sejalan dengan apa yang menjadi kebijakan DPP MKGR yang mendorong Bamsoet menjadi Ketua Umum Partai Golkar.

“DPP MKGR sudah bulat, DPP melantik pengurus-pengurus DPD sekaligus melakukan deklarasi mendukung Bapak Bamsoet menjadi Ketua Umum Golkar,” katanya.

Menurut Arman, para pengurus DPD sudah bisa merasakan sendiri selama kepemimpinan Airlangga Hartarto, banyak sekali kekecewaan dan banyak sekali DPD-DPD yang mengharapkan adanya perubahan yang lebih baik.

Belum lagi, hasil Pemilu 2019 yang menurun dibanding 2014 menjadi alasan MKGR mendukung Bamsoet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com