Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Pembunuhan Mantan Wartawan di Sumatera Utara, Ditemukan Mengenaskan di Parit Belakang Gudang

Kompas.com - 05/11/2019, 11:16 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com- Kasus pembunuhan dua pria - salah satunya mantan wartawan - di Labuhanbatu, Sumatera Utara, dikhawatirkan menambah panjang daftar kasus kekerasan terhadap pekerja media di Indonesia.

Hingga Senin (4/11/2019), polisi sudah mengerucutkan sejumlah nama pelaku pembunuhan terhadap Maraden Sianipar dan Martua Parasian Siregar yang masih dalam proses pengejaran.

"Identitasnya sudah diketahui tapi masih belum bisa tertangkap," ujar Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat melalui pesan singkat.

Setidaknya sudah ada 11 saksi yang diperiksa, beberapa di antaranya berasal dari perusahaan minyak kelapa sawit PT Sei Alih Berombang (SAB) yang menguasai lahan tempat ditemukannya kedua jasad korban.

Baca juga: Suami Istri Ditemukan Tewas Tergantung di Jembatan Labuhanbatu

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes (Pol) Tatan Dirsan Atmaja, mengatakan bahwa Polda Sumut dan Polres Labuhanbatu telah membentuk tim untuk menangani kasus tersebut.

"Sifatnya Polda Sumatera Utara memback up penanganan kasus," kata Tatan melalui sambungan telepon, "Kita tunggu, mudah-mudahan segera terungkap, ini tim lagi bekerja di lapangan."

Jasad Maraden (55 tahun) dan Martua (42 tahun) masing-masing ditemukan dalam kondisi mengenaskan pada hari Rabu (30/10/2019) dan Kamis (31/10/2019) di parit belakang gudang PT Sei Alih Berombang (SAB), hanya terpisah 200 meter dari satu sama lain.

Baca juga: Misteri Tengkorak di Sumur Tua Labuhanbatu, Polisi Temukan Fakta Baru

Polisi menyebut Maraden sebagai mantan wartawan mingguan lokal, Pilar Indonesia Merdeka (Pindo Merdeka), sekaligus mantan calon anggota legislatif pada pileg 2019, sedangkan Martua merupakan aktivis sebuah lembaga swadaya masyarakat.

Keduanya disebut kerap menjembatani sengketa lahan antara warga lokal dengan pemilik lahan perkebunan kelapa sawit, PT Sei Alih Berombang (SAB).

Baca juga: 7 Pegawai Puskesmas Labuhanbatu Terjaring OTT, Uang Rp 188 Juta Disita


Rentetan aksi kekerasan terhadap jurnalis

Kasus pembunuhan Martua dan Maraden yang mantan wartawan di Labuhanbatu, Sumatera Utara, menambah panjang daftar kasus kekerasan terhadap pekerja media di Indonesia. Getty Images Kasus pembunuhan Martua dan Maraden yang mantan wartawan di Labuhanbatu, Sumatera Utara, menambah panjang daftar kasus kekerasan terhadap pekerja media di Indonesia.
Kasus pembunuhan Martua dan Maraden yang mantan wartawan di Labuhanbatu, Sumatera Utara, menambah panjang daftar kasus kekerasan terhadap pekerja media di Indonesia.

Menurut data yang dihimpun lembaga nonprofit Committee to Protect Journalists, setidaknya ada 10 wartawan Indonesia yang tewas karena pemberitaan yang mereka publikasikan sejak era '90-an - delapan di antaranya tewas dibunuh.

Salah satunya Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin, wartawan Bernas yang kasusnya tak tuntas diusut polisi hingga saat ini.

Udin yang kala itu - tahun 1996 - kerap menulis laporan yang mengkritisi kebobrokan Orde Baru, dianiaya pria tak dikenal di depan rumah kontrakannya di Yogyakarta.

Baca juga: KPK Tahan Perantara Suap Mantan Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap

Ia menghembuskan nafas terakhirnya tiga hari kemudian, 16 Agustus 1997, setelah mengalami luka parah di kepala.

Ketua Divisi Advokasi AJI Jakarta, Erick Tanjung, menyebut kasus kekerasan terhadap jurnalis selama tiga tahun terakhir didominasi oleh aksi represif polisi dan kelompok masyarakat terhadap wartawan saat melakukan peliputan unjuk rasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com