Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Siapkan Lapangan Terbaik di Jateng sebagai Tempat Latihan Piala Dunia U-20

Kompas.com - 04/11/2019, 11:08 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku, telah menyiapkan beberapa lapangan terbaik di Jawa Tengah, sebagai tempat latihan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Ganjar menyebut, lapangan yang telah disiapkan itu di antaranya ada di Solo, Semarang, Salatiga dan lainnya.

"Kalau kita bicara soal itu (tempat latihan), kami siapkan. Jadi, kalau ada momentum gitu memang harus diambil. Karena itu insentif buat kita," kata Ganjar, saat ditemui di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Senin (4/11/2019).

Baca juga: Ini Kekhawatiran Khofifah jika Piala Dunia U-20 Digelar di Gelora Bung Tomo

Ganjar menyatakan, siap memberikan dukungan berupa anggaran kepada daerah untuk perbaikan dan renovasi lapangan tempat latihan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Kalau ini menjadi perhelatan bangsa dan negara semua harus siap. Pak Presiden saja bilang siap, kenapa kita tidak siap," ujar Ganjar.

Terpisah, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo alias Rudy mengatakan, penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dapat memotivasi semua daerah yang ditunjuk menjadi venue pelaksanaan sepak bola dunia tersebut.

Bahkan, Solo telah menyiapkan beberapa lapangan sebagai tempat latihan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Salah satu venue yang dipersyaratkan untuk melakukan perubahan Lapangan Kota Barat (Solo). Banyuanyar nanti juga akan kami besarkan. Karena yang masih memungkinkan lapangan volinya bisa dipakai untuk ruang ganti dan sebagainya," ungkap Rudy.

Baca juga: UMP Jateng ditetapkan, Ganjar Minta Bupati Wali Kota Kirimkan Rekomendasi UMK 2020

Pemkot Surakarta telah mengirimkan surat kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk sharing anggaran penyempurnaan lapangan di Solo.

Menurut dia, lapangan yang diusulkan perbaikan untuk persiapan Piala Dunia U-20 antara lain, Banyuanyar, Karangasem, Kota Barat, Stadion Sriwedari, dan lapangan UNS.

"Lapangan ini kira-kira mampu untuk mendukung program pelatihan maupun pemanasan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021," terang dia.

Persiapan lain yang juga telah dilakukan untuk mendukung terlaksananya Piala Dunia U-20 tahun 2021 adalah penginapan atau perhotelan bagi para pemain, transportasi, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com