Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kang Emil Ajak Masyarakat Tingkatkan Perekonomian Desa Lewat Revolusi Digital

Kompas.com - 03/11/2019, 17:31 WIB
Tiara Fitriyani,
Alia Deviani

Tim Redaksi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak seluruh masyarakat Jawa Barat untuk turut mendukung kemajuan perekonomian desa lewat revolusi digital.

Hal ini disampaikannya saat menyerahkan bantuan permodalan BUMDes dan penghargaan BUMDes Award di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (2/11/19) lalu. Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyerahkan bantuan masing-masing senilai Rp 100 juta kepada 500 BUMDes berprestasi di Jawa Barat.

Ia menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan terus mengupayakan kemajuan desa, salah satunya dengan meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Salah satu program yang dirancang untuk mendukung hal ini adalah program desa digital, yaitu melengkapi wilayah pedesaan dengan sambungan internet. Dengan demikian, masyarakat desa pun bisa mengakses informasi, sehingga peluang bisnis akan semakin terbuka.

Baca juga: Perkuat Kualitas SDM, Jabar Terus Buat Terobosan Baru

Revolusi ini pun dilakukan dengan program One Village One Product (OVOP) atau satu desa satu produk. Produk yang dihasilkan oleh masing-masing desa ini kemudian akan dipasarkan secara online melalui Pusat Digital Desa (Talesa).

Tak hanya itu, Pemdaprov Jabar pun menggandeng generasi millennial dengan program Patriot Desa untuk menjadi CEO di perusahaan desa. Hingga kini, ada sebanyak 110 lulusan perguruan tinggi siap mengabdi selama dua tahun untuk memajukan pedesaan.

“Melalui kepempinan dan teknologi, desa akan kita revolusi. Saya butuh orang desa yang semangat,” kata Ridwan.

BUMDes berkontribusi tingkatkan perekonomian desa

Adapun BUMDes yang mendapatkan bantuan permodalan pada kesempatan tersebut dibagi menjadi empat kategori. Mereka adalah BUMDes berprestasi, BUMDes yang berpengaruh kepada desa mandiri dan desa perbatasan, BUMDes yang mendukung Desa Juara, dan BUMDes produktif.

Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM Desa) Jabar Dedi Supandi mengungkapkan bahwa pihaknya menjalin kerja sama dengan PT Astra untuk memajukan perekonomian desa. Hal ini dilakukan dengan mengerahkan CEO muda yang berada di bawah bimbingan PT Astra untuk ditempatkan di sejumlah BUMDes.

Baca juga: Hadapi Revolusi 4.0, Generasi Muda Jabar Harus Punya Skill dan Kreativitas

Selain itu, PT Astra pun telah menyerahkan bantuan sebesar Rp 1 miliar untuk 100 BUMDes yang berada di bawah bimbingan perusahaan tersebut. Tidak sampai di situ saja, BUMDes juga turut berkontribusi dalam pengembangan desa wisata di wilayah Jawa Barat.

“Ada tiga desa wisata, dua di daerah Garut dan satu di wilayah Pangandaran,” kata Dedi.

Program Desa Wisata ini juga merupakan kontribusi dari BUMDes untuk memajukan perekonomian desa melalui sektor pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com