Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Komisi X DPR: Kongres PSSI Harus Berjalan "Fair" dan Bersih

Kompas.com - 01/11/2019, 19:35 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kongres Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang salah satu agendanya adalah memilih ketua Umum PSSI yang baru menjadi perhatian serius Komisi X DPR RI.

Tidak hanya soal pemilihan ketua umum, terus menurunnya prestasi Timnas sepak bola Indonesia di kancah internasional juga diharapkan bisa menjadi lebih baik seusai kongres.

Untuk itu, Komisi X DPR RI meminta pemerintah mengawal Kongres PSSI agar berjalan bersih dan fair demi memperbaiki dunia persepakbolaan Indonesia

“Kongres PSSI yang digelar mulai esok hari harus benar-benar dipastikan berjalan fair dan bersih dari unsur-unsur kecurangan,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (1/11/2019).

Baca juga: Tak Bisa Intervensi, Jokowi Harap Kongres PSSI Lahirkan Ketum Berintegritas

Lebih lanjut Huda menambahkan, pembenahan sepak bola di Indonesia sangat tergantung pada keberadaan federasi yang bersih. Dalam hal ini PSSI.

Jika federasi bersih, kata Huda, maka bisa dipastikan proses pembenahan dan tata kelola sepak bola di tanah air bisa berjalan dengan baik.

“Federasi merupakan kunci pembenahan sepak bola di tanah air. Jika federasi diurus dengan baik oleh orang-orang yang punya integritas dan kapabilitas maka manajemen kompetisi, manajemen organisasi klub, hingga manajemen penonton bisa dilakukan dengan baik,” ujarnya.

Meski wajib mengawal jalannya kongres PSSI, Huda mengatakan, pemerintah tidak perlu melakukan intervensi dalam forum pengambil keputusan tertinggi di PSSI tersebut.

Sebab, jika pemerintah melakukan intervensi, hal tersebut malah akan memicu sanksi dari FIFA selaku federasi sepakbola tertinggi.

“Proses kontrol tersebut bisa dilakukan dengan memanggil para stakeholder sepak bola nasional dengan meminta jaminan agar proses kongres dilakukan dengan fair,” bebernya.

Politisi PKB ini mengatakan, sepak bola merupakan olahraga favorit di Indonesia. Banyak orang menaruh harapan agar tim sepak bola nasional bisa berprestasi baik di level regional maupun internasional.

“Sepak bola kita ini sering membikin patah hati para pencintanya. Harapan pendukung agar timnas sepak bola kita berprestasi tidak kunjung terpenuhi dan sering berujung pada kekecewaan mendalam,” ujarnya.

Baca juga: Khawatir Ditertawakan, La Nyalla Pilih Tak Maju di Kongres PSSI

Huda mengatakan, potensi sepak bola Indonesia sangat besar untuk berkembang menjadi industri.

Antusiasme penonton yang begitu tinggi dan fanatik tentu menjadi modal besar untuk dikembangkan.

Apalagi kalangan usaha juga banyak yang sudah melirik sepak bola sebagai media untuk memasarkan produk-produk mereka.

“Saya yakin jika sepak bola Indonesia dikelola dengan benar, maka mimpi Indonesia menjadi kampiun di Asia dan dunia tidak sulit untuk diwujudkan,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com