Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Geger Temukan Jasad Bayi Terkubur di Hutan

Kompas.com - 01/11/2019, 19:30 WIB
Amriza Nursatria,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

INDRALAYA, KOMPAS.com - Warga Desa Sribandung, Kecamatan Tanjung Batu, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, geger dengan temuan jenazah bayi yang diduga baru dilahirkan di hutan di belakang desa tersebut Kamis (31/10/2019) kemarin.

Dari video amatir yang diterima, tampak jenazah bayi mungil itu tengah diangkat oleh personel polisi untuk dipindahkan ke tempat yang layak.

Saat ditemukan, jenazah bayi yang berjenis kelamin wanita itu dibungkus dalam balutan kain putih dan dikubur dalam lubang sedalam 30 sentimeter.

Mus Saparudin, warga setempat mengatakan, penemuan bayi berawal saat salah seorang remaja desa setempat bernama Gilang (14), yang tak sengaja bertemu orang yang mencurigakan membawa tas warna ungu sedang berada di hutan belakang Desa Sribandung Kamis sekitar pukul 12.30 WIB.

Baca juga: Tersangka Pembuang Bayi Diketahui Hamil Lagi Saat Diserahkan ke Rutan Bangli

Saat bertemu Gilang, orang itu langsung bergegas pergi. Gilang yang curiga melihat gelagat orang itu lalu mengecek ke tempat awal orang itu berada.

“Ketika diperiksa ternyata ditemukan sebuah plasenta di lokasi tersebut,” terang Mus Saparudin, Jumat (1/11/2019).

Gilang yang terkejut melihat temuan itu segera melaporkan ke perangkat desa setempat yang langsung melapor ke kepala desa. Oleh kepala desa, temuan itu diminta segera dilaporkan ke polisi.

Mus Saparudin menambahkan, setelah dilaporkan sejumlah warga lalu memeriksa lokasi tersebut dan ditemukan lagi sesosok tubuh bayi yang terbungkus kain putih dalam lubang sedalam 30 sentimeter yang ditutupi dedaunan.

Oleh warga, temuan jasad bayi itu diangkat dan diletakkan di tempat yang layak sembari menunggu polisi.

Mus Saparudin menambahkan, saat polisi datang langsung melakukan penyelidikan dan melakukan olah TKP. 

“Sedangkan jenazah bayi tersebut saya dengar sudah dibawa polisi ke rumah sakit Bhayangkara di Palembang,” kata dia.

Sementara, Kasi Pemerintahan Desa Sribandung Ahmad Labib mengatakan, saat diperiksa polisi ia melihat pada plasenta ada darah yang masih segar. Ia menduga bayi itu baru saja dilahirkan.

“Pada plasenta masih ada darah segar, sepertinya bayi itu baru dilahirkan,” kata dia.

Baca juga: Perempuan Ini Sumpal Mulut Bayi yang Baru Dilahirkan dan Menaruhnya di Lemari

Kasat Reskrim Polres Ogan Ilir AKP Malik Fahrin yang dikonfirmasi membenarkan temuan mayat bayi di Desa Sribandung, Kecamatan Tanjung Batu.

Dari temuan itu, sudah ada 3 orang yang dimintai keterangan sebagai saksi termasuk warga yang pertama kali menemukan jasad bayi itu.

“Benar ada warga melapor soal temuan jasad bayi, polisi sudah melakukan olah TKP dan memeriksa saksi-saksi, sedangkan jasad bayi sudah kami bawa ke rumah sakit Bhayangkara Palembang,” terang Malik.

Polisi saat ini sedang mendalami identitas seorang remaja yang sesaat sebelum penemuan bayi ada di sana membawa sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com