Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Siaga, Guguran Lava Gunung Karangetang Meluncur hingga 1,5 Km

Kompas.com - 30/10/2019, 16:37 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Khairina

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Hingga akhir bulan Oktober, rentetan guguran lava Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terus terjadi.

Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang mencatat, pada Rabu (30/10/2019), dari pukul 06.00-12.00 Wita, gunung tersebut mengeluarkan asap dan teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dengan tinggi 150 meter di atas puncak kawah.

"Guguran lava juga terjadi dari puncak kawah utama mengarah ke Kali Nanitu dan Kali Sense lebih kurang 1.000 sampai 1.500 meter," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung api Karangetang Aditya Gurasali, dikutip dari rilis tertulis, Rabu.

Baca juga: Aktivitas Gunung Karangetang Masih Tinggi, BPBD Sitaro Usulkan Siaga Darurat ke Bupati

Warga dan pengunjung atau wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua dan kawah utama.

Serta, area perluasan sektoral dari kawah dua ke arah barat laut-utara sejauh 4 kilometer dan dari kawah utama sejauh 3 kilometer ke arah barat.

Kemudian, warga di sekitar Gunung Karangetang dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

Selain itu, warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai.

Tingkat aktivitas Gunung Karangetang saat ini level III atau siaga," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com