Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijarah Ratusan Monyet, Petani di Kaki Gunung Lawu Gagal Panen

Kompas.com - 29/10/2019, 10:47 WIB
Sukoco,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com - Petani di Desa Gonggang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, gagal panen karena tanaman mereka dijarah oleh ratusan monyet yang hidup di hutan pinggir desa.

Kepala Desa Gongang Kusnaini mengatakan, kawanan monyet dulu jumlahnya hanya puluhan ekor, tetapi saat ini sudah mencapai ratusan ekor.

Kawanan monyet tersebut enggan kembali ke hutan karena mudah mendapatkan makanan dari tanaman petani.

“Sekitar 4 tahun lalu itu berkembang dan tidak mau pindah lagi ke hutan. Populasinya cepat banget itu. Tahun 2017 itu sudah hampir 200, sekarang ini berkisar 300-400,” ujar Kusnaini saat dihubungi, Senin (28/10/2019).

Baca juga: Bapak Jokowi, Saya Orang Miskin, Mengapa Tidak Dapat Bantuan?

Sejak ratusan monyet sering menjarah tanaman, para petani sering mengalami gagal panen. Apalagi, tahun ini kemarau panjang juga melanda lahan pertanian warga di Desa Gonggang.

“Beberapa tahun ini memang betul gagal tani, gagal tanaman, gagal dengan monyet itu. Tidak bisa tanam jangung, tidak bisa tanam ketela, tidak bisa tanam apa pun, habis,” kata Kusnaini.

Kusnaini mengaku telah melaporkan permasalahan warga ke pemerintah daerah.

Namun, sampai saat ini belum ada solusi yang diberikan.

Sejumlah upaya pengusiran telah dilakukan warga dari menggunakan peledak, jaring, bahkan mengecat sejumlah monyet dengan cat belang-belang.

Namun, upaya itu juga gagal mengusir monyet.

“Yang paling parah di Dukuh Candid dan Temple. Semua usaha sudah kami lakukan, mereka lari ke hutan, tapi balik lagi,” ucap Kusnaini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com