Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Ambon, Presiden Jokowi Akan Luangkan Banyak Waktu Bersama Warga

Kompas.com - 28/10/2019, 06:30 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com-Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Maluku, Senin (28/10/2019).

Terkait kunjungan tersebut, hingga saat ini belum ada bocoran soal agenda apa saja yang akan dilakukan orang nomor satu di Indonesia itu selama berada di Maluku.

Meski begitu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, Presiden Jokowi akan meluangkan banyak waktunya untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

“Yang jelas Bapak Presiden tentu akan meluangkan waktu lebih banyak untuk bisa berkomunikasi dengan masyarakat,” kata Doni kepada wartawan di aula Korem 151 Binaya, Ambon, Minggu (27/10/2019).

Baca juga: Kunjungi Ambon, Presiden Jokowi Bakal Nginap di Rumah Dinas Gubernur

Doni mengaku, terkait agenda Presiden Jokowi selama berada di Ambon itu menjadi kewenangan pihak protokol, dia hanya bisa memastikan jika Presiden Jokowi akan meluangkan banyak waktunya bersama warga.

“Kunjungan Bapak Presiden itu tim protokol masih survei,  saya belum berani memberikan informasi kalau data resmi harus dari protokol bukan dari kami,” katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat yang dikonfirmasi Kompas.com mengatakan Polda Maluku akan mengerahkan sebanyak 900 personel untuk membantu pengamanan Presiden selama berada di Maluku.

“Yang jelas pengaturan pengamanan Presiden itu dari Paspampres dan Kodam Pattimura, tugas kita hanya membantu,” ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Janji Bangun Jalan hingga Pasar di Pegunungan Arfak

Dia menjelaskan, 900 personel Polda Maluku yang dikerahkan itu nantinya akan bertugas untuk mengamankan jalur yang dilalui Presiden bersama rombongan hingga pengamanan di lokasi-lokasi kegiatan.

“Nanti personel yang diterjunkan itu akan membantu pengamanan rute, tempat kegiatan dan juga tempat istirahat Presiden jadi semuanya, kita tugasnya hanya membantu, karena pengamanan Presiden itu kewenangan TNI,” ujarnya.

Gubernur Maluku Murad Ismail sehari sebelumnya telah memastikan bahwa Presiden Jokowi akan berkunjung ke Maluku apda 28 Oktober besok. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com