Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gibran Temui Megawati, Calon Wali Kota Solo Pilih Tetap Tunggu Keputusan PDI-P

Kompas.com - 25/10/2019, 20:23 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Bakal calon wali kota yang ditugaskan DPC PDI-P Kota Surakarta, Achmad Purnomo tidak mempersoalkan Gibran Rakabuming Raka menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ke kediamannya Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Sebagai kader partai, Purnomo akan melaksanakan apapun yang diperintahkan dan ditugaskan DPP.

Sehingga, pertemuan putra sulung Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDI-P Megawati tidak membuat dirinya merasa didahului.

"Enggak apa-apa. Saya tidak merasa didahului. Haknya siapa saja ketemu Bu Mega," kata Purnomo di Solo, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2019).

Baca juga: Gibran: Saya Serius Maju Pilkada Solo

Purnomo yang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta mengatakan hanya ditugaskan DPC PDI-P untuk maju di Pilkada Solo 2020 berpasangan dengan Teguh Prakosa.

Berkas penugasan dirinya dengan Teguh Prakosa telah dikirim Ketua DPC PDI-P Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo ke DPD dan DPP.

"Perintah DPC bagaimana nanti. Saya akan mengikuti saja," tandasnya.

Purnomo mengaku belum mendapat arahan dari Ketua DPC PDI-P terkait apakah dirinya harus bertemu dengan Ketua Umum PDI-P atau tidak.

Selama belum ada arahan itu, dirinya belum akan menemui Ketum PDI-P ke Jakarta.

"DPC PDI-P tidak mengarahkan saya ke situ," ujar Purnomo.

Ditanya jika kemungkinan yang direkomendasi maju Pilkada Solo 2020 nanti dari DPP bukan dirinya, tetapi Gibran, Purnomo mengatakan tidak mempermasalahkan.

Apapun keputusan yang dikeluarkan DPP akan dia laksanakan sepenuhnya.

"Pokoknya saya ini petugas partai. Jadi diperintahkan ya jalan, kalau tidak ya tidak apa-apa. Tidak tahu kalau diberikan tugas yang lain, ya tidak tahu," katanya.

Baca juga: Menggagas Langkah Politik Gibran Temui Megawati Jelang Pilkada Solo 2020

Diberitakan sebelumnya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan keseriusannya untuk maju pada Pilkada Solo 2020.

Hal itu disampaikan Gibran usai menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

"Banyak hal yang saya sampaikan, keadaan di Solo seperti apa, dan saya sampaikan keseriusan untuk maju (Pilkada Solo)," kata Gibran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com