Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Mencetak Mahasiswa Unggul, Perlu Sosok Dosen "The Man Behind The Gun"

Kompas.com - 25/10/2019, 14:38 WIB
Riska Farasonalia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) Zainal Hasibuan mengatakan untuk melahirkan mahasiswa sebagai generasi penerus yang tangguh dan unggul tak lepas dari peran the man behind the gun.

"Sosok dosen sebagai the man behind the gun punya peran penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di bidang teknologi informasi. Agar mahasiswa mampu berkompetisi menghadapi perubahan," kata Zainal dalam rapat koordinasi nasional Aptikom di Semarang, Kamis (24/10/2019).

Rakernas Aptikom dengan tuan rumah Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang itu, lanjut Zainal, merupakan ajang bertemunya berbagai pengajar universitas di Indonesia untuk melakukan pengembangan teknologi.

Baca juga: Nadiem Makarim Jadi Mendikbud, Rektor Udinus: Dunia Pendidikan Harus Transformasi ke Teknologi Digital

Menurut Zainal kini revolusi industri 4.0 sedang menuju 5.0, maka dari itu membutuhkan keterampilan baru sehingga keterampilan lama sudah saatnya ditinggalkan.

"Untuk itu perguruan tinggi harus menyiapkan diri, menyiapkan dosennya agar mahasiswanya bisa berkompetisi mampu meningkatkan daya saing," ujar Zainal.

Sementara itu, Rektor Udinus Semarang Edi Noersasongko mengatakan lebih dari 300 perguruan tinggi negeri dan swasta hadir dalam rakernas kali ini.

"Ratusan universitas ini memiliki program studi komputasi, diharapkan mampu membuahkan ide-ide cerdas untuk perkembangan perguruan tinggi berbasis komputer di Indonesia," kata Edi.

Baca juga: Perpres TKA Dikeluarkan, Rektor UGM Berharap Ada Banyak Dosen Asing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com