Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Pasir Putih Karawang Diajak Kompak Rawat Mangrove

Kompas.com - 25/10/2019, 11:56 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) mengajak masyarakat kompak merawat mangrove di pesisir Dusun Pasir Putih, Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang.

Penanaman mangrove dengan varietas api-api Cenia black dan Lezipor, Kamis (24/10/2019) ini sekaligus meresmikan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Pasir Putih oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Vice President Relations PHE Ifki Sukarya, dan Ketua DPRD Karawang Pendi Anwar.

VP Relations PHE, Ifki sukarya, menyebut penanaman mengrove tersebut bukan saja sebagai upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Tetapi juga menjadi tanggungjawab bersama dalam menyelamatkan alam pesisir oleh masyarakatnya.

"Apalagi, kawasan ini cukup dekat dengan area kerja PHE ONWJ. Melalui pengembangan PRPM ini, PHE telah membuktikan diri menjadi salah satu perusahaan yang dekat dengan masyarakat," kata Ifki dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: Selain Bakar 250 Kios, Api Hanguskan 10 Rumah Warga di Karawang

Ifki menyebut, persoalan lingkungan adalah tanggungjawab bersama hingga anak cucu. Melalu kemitraan dengan masyarakat pesisir, pokmawas, dan Pemkab Karawang, pihaknya bangga turut andil dalam program tersebut.

Ia pun mengajak masyarakat berkomitmen kompak merawat mangrove yang ditanam, sebagai bentuk menjaga alam.

"Tentu saja dengan melihat kekompakan semua pihak dalam penanaman mangrove ini, kami yakin mangrove di Pasirputih bisa terawat, terjaga dan semakin cantik," katanya.

Dari sekitar 70 hektar lahan pesisir, PHE ONWJ mengklaim telah menanam mangrove di 20 hektar di antaranya. Penanaman mangrove oleh perusahaan BUMN itu dilakukan setiap tahun.

Untuk akses perluasan tanaman pencegah rob dan abrasi ini, juga dibangun trek jembatan kayu sepanjang 50 meter,  penahan sampah dan gelombang, hingga pelatihan.

Bupati Cellica mengapresiasi adanya PRPM tersebut. Selain mempercantik kawasan pesisir Pasir Putih, kata dia, PRPM diklaim dapat meningkatkan taraf hidup warga, seiring meningkatnya kunjungan wisatawan ke tempat tersebut.

Baca juga: 2 Mata Air Abadi di Gunung Sirnalanggeng Karawang Terancam Pertambangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com