Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Hutan Gunung Lawu Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Kompas.com - 25/10/2019, 11:15 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com -Jalur pendakian wana wisata Gunung Lawu via Candi Cetho, Cemoro Kandang, dan wana wisata Pringgondani ditutup sementara karena kawasan hutan gunung tersebut terbakar.

Penutupan wana wisata Puncak Lawu berdasarkan surat pemberitahuan dari Pemkab Karanganyar melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar terhitung mulai 21 Oktober 2019.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, kebakaran di kawasan hutan Gunung Lawu terjadi beberapa titik.

Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, jalur pendakian ditutup sementara sampai dengan batas waktu yang belum dapat ditentukan.

"Penutupan jalur pendakian kita mulai sejak 21 Oktober kemarin sampai batas waktu belum ditentukan. Kita menunggu sampai api benar-benar padam," kata Titis saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (25/10/2019).

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Lawu Masih Ditutup

Dia mengatakan, kawasan hutan Gunung Lawu yang terbakar terjadi di kawasan Cetho hingga masuk ke wilayah Jatiyoso, Karanganyar.

Luasannya ada sekitar 10 hektar. Saa ini sudah ada sebagain titik yang dipadamkan.

Pihaknya bersama relawan Gunung Lawu masih terus melakukan pemantauan kawasan hutan Gunung Lawu.

Sebab, kawasan hutan yang terbakar tersebut mengandung tanah humus. Dari permukaan terlihat sudah padam, tetapi kalau terkena hembusan angin kembali muncul asap.

"Sebenarnya jalur pendakiannya aman. Masalahnya kalau nekat ke puncak terus tiba-tiba angin besar api merembet jalur pendakian maka akan berisiko," ujar dia.

Baca juga: Cantiknya Gunung Lawu Pagi Ini, Puncaknya Tampak Bertopi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com