Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Ridwan Kamil untuk Mendikbud Nadiem Makarim

Kompas.com - 24/10/2019, 15:52 WIB
Dendi Ramdhani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pesan kepada Nadiem Makarim yang baru resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Sama dengan harapan Pak Jokowi, ada link and match dengan industri," ucap Emil, sapaan akrabnya, usai menghadiri breakfast meeting bersama para CEO perusahaan asing serta duta besar berbagai negara di Hotel Hilton, Bandung, Jabar, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: Jadi Mendikbud, Berapa Gaji Nadiem Makarim?

Emil juga mengingatkan agar Nadiem tak hanya mengurusi persoalan hubungan pendidikan dan lapangan kerja, tapi juga meningkatkan peradaban masyarakat lewat pendidikan.

"Tapi saya saya ingatkan satu hal bahwa pendidikan bukan hanya urusan mencari pekerjaan, tapi pendidikan menaikan peradaban kita dan tantangan masa depan. Keduanya harus seimbang," tuturnya.

Ia menyebut, kabinet Indonesia Maju membawa semangat optimisme yang tinggi. Sejumlah menteri muda hadir untuk mewakili suara kaum milenial.

Kehadiran wajah baru diharapkan bisa membawa program inovatif, kreatif yang berorientasi hasil tanpa melanggar regulasi.

"Nah hasil ini yang ditunggu oleh Pak Presiden. Caranya terserah, harapannya ada inovasi baru, kreativitas baru, hasilnya terkejar tanpa melanggar aturan dan sebagainya. Ini membawa semangat kepada generasi baru untuk lebih optimis terhadap Indonesia" ujar Emil.

Nadiem Makarim resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Kabinet Indonesia Maju.

Pendiri layanan ride-hailing GoJek tersebut dikenalkan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/10/2019), bersama dengan jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Sebagai Mendikbud yang baru, Nadiem mengaku bakal menghadapi tugas berat untuk memajukan Sumber Daya Manusia Indonesia lewat pendidikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com