Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Pastikan Rumah Sakit Darurat Tetap Layani Pengungsi Gempa

Kompas.com - 16/10/2019, 18:09 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, dr Nila Djuwita Moeloek memastikan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dr Ishak Umarela yang berada di lokasi pengungsian di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, tetap berjalan seperti biasa.

Dia mengatakan, saat gempa, rumah sakit tersebut ikut mengalami kerusakan sehingga harus dipindahkan di lokasi sementara, yang berada di kawasan pengungsian di area kampus Universitas Darusalam, Desa Tulehu.

“Karena saya mendengar kami seolah-olah tidak melakukan pelayanan kesehatan, kami lakukan (pelayanan), ini dokter-dokter semua mereka tinggal di sini, sampai tinggal di mobil, ada enam spesialis. Tadi, saya lihat ada kamar operasinya, tempat melahirkan, tempat anak-anak dan sebagainya," kata Nila Moeloek, kepada wartawan, di rumah sakit tersebut (16/10/2019).

Baca juga: Pembaca Kompas Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Pengungsi Gempa Maluku

Dia mengatakan, RSUD dr Ishak Umarela yang mengalami keruskaan saat gempa tidak dimungkinkan lagi untuk diperbaiki atau direnovasi.

Sebab, kerusakannya sangat parah, sehingga harus dicari lahan baru untuk membangun rumah sakit tersebut.

“Rumah sakitnya kena, kalau pun diperbaiki kami ragu, karena itu dari sumber air panas, gempanya dekat pantai, episentrumnya ada di sana. Jadi, harus dipikirkan, barangkali tidak mungkin di sana lagi membangunnya, tetapi mencari lahan yang amanlah," ungkap dia.

Adapun RSUD dr Ishak Umarela yang masih beroperasi di lokasi pengungsian dengan menggunakan tenda-tenda darurat.

Nila Moeloek berharap agar untuk sementara waktu bisa dipindahkan ke dalam bangunan gedung Unidar Tulehu.

Baca juga: 20 Hari Mengungsi di Hutan, Korban Gempa Hanya Dapat 5 Bungkus Mi Instan

“Nah, ini lebih lebih bagus, tapi hanya sementara pakai tenda dulu. Tapi, tetap pelayanan kesehatan tetap (jalan) ya,” ujar dia.

Dia menyebut, semua rumah sakit dan puskesmas di tiga daerah terdampak gempa tetap memberikan pelayanan kepada warga, khususnya para pengungsi.

"Ada puskesmas dan rumah sakit, semuanya bergerak untuk melayani,” ujar dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com