Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Densus 88 Temukan Bahan Pembuat Bom di Rumah Nenek Terduga Teroris

Kompas.com - 15/10/2019, 19:53 WIB
Tri Purna Jaya,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com – Tim Densus 88 Antiteror kembali menemukan sejumlah material yang diduga bahan pembuat bom dari kediaman nenek salah satu terduga teroris R di Bandar Lampung.

Dari penggeledahan rumah yang berada di Jalan Gunung Dempo, Kelurahan Way Halim, Kota Bandar Lampung itu, kepolisian menyita barang bukti berupa bunuk dan sejumlah alat lain yang diduga bahan peledak.

Baca juga: Densus 88 Geledah Rumah Seorang Nenek karena Curiga Ada Bahan Peledak

Salah satu personel Tim Densus 88 Antiteror yang menolak namanya dipublikasikan kepada pewarta mengatakan, dari penggeledahan itu, pihaknya menyita sejumlah barang bukti, yakni bubuk sulfur seberat 1,5 kilogram dan butiran bubuk supernova.

“Bubuk supernova digunakan untuk pembuatan petasan. Kami juga menyita bubuk warna putih yang belum diketahui namanya seberat 2 kilogram,” katanya saat ditemui di lokasi penggeledahan.

Kepolisian juga menyita beberapa detonator lampu LED dan lima unit ponsel yang telah dirakit untuk pemicu bahan peledak.

“Kalau secara detilnya saya kurang paham. Sekarang bahan-bahan yang diduga bahan peledak tersebut sudah dibawa tim penjinak bom untuk diperiksa lebih lanjut,” kata anggota Tim Densus 88 Antiteror itu.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, Tim Penjinak Bom Gegana Brimob Polda Lampung mengeluarkan beberapa bahan bubuk dan alat-alat lainnya dari dalam rumah nenek terduga R.

Bahan yang diduga bahan peledak lalu dimasukkan ke sebuah kotak yang tahan goncangan dan anti-panas.

Hingga berita ini dibuat, belum ada keterangan resmi dari kepolisian terkait penggeledahan rumah terduga R maupun penemuan sejumlah material pembuat bom tersebut.

Baca juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris yang Miliki Bahan Bom 4 Kg di Poso

Diberitakan sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror telah menangkap empat terduga teroris di Bandar Lampung, Senin (14/10/2019). Keempat terduga teroris yang diamankan Densus 88 berinisial R, AH, Y, dan T.

Keempatnya ditangkap karena diduga terlibat jaringan SA yang menusuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Kamis (10/10/2019) lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com