Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris yang Miliki Bahan Bom 4 Kg di Poso

Kompas.com - 15/10/2019, 17:38 WIB
Mansur,
Farid Assifa

Tim Redaksi

POSO, KOMPAS.com - Seorang warga  di Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, ditangkap tim Densus 88 antiteror karena diduga terlibat dengan jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

Warga tersebut berinisial Awd ditangkap Densus 88 dalam sebuah penggerebekan di rumah tersangka di jalan Pilau Batam, Kelurahan Moengko Baru, Kecamatan Poso pada Minggu, 13 Oktober 2019 lalu.

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigjen Pol Lukman Wahyu Arianto dalam keterangan persnya di Mapolres Poso, Selasa (15/10/2019), membenarkan adanya penangkapan warga Poso karena terlibat jaringan MIT.

Baca juga: Ada Penangkapan Terduga Teroris, Koster Jamin Bali Aman Dikunjungi

 

Menurut Lukman, selain menangkap pelaku, tim Densus 88 juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa campuran bahan peledak seperti 3 kotak tuperware berisi campuran olahan bahan kimia dan 1 buah breaker glass merk Bomex.

Lalu gelas kaca kimia 500 ml, 1 dus kecil peluru PCP, kaca bekas pecahan botol serta 10 batang pipa besi yang sudah dipotong-potong. Total berat bahan pembuatan bom ini mencapai 4 kilogram.

"Warga yang kita amankan ini merupakan jaringan MIT yang sudah lamai kita intai karena ada kegiatan yang mencurigakan, dan setelah kita cek ternyata dia telah mempersiapkan bahan-bahan bom di rumahnya sebanyak 4 kilogram," ungkap Lukman.

Kapolda  menjelaskan, pelaku kini dibawa ke Polda Sulteng untuk pendalaman lebih lanjut karena terbukti melakukan kegiatan-kegiatan yang dilarang.

Untuk pengembangan lebih lanjut, polisi masih merahasiakan keberadaan pelaku.

Menurut Lukman, sebenarnya, aparat menangkap dua target terduga teroris, yakni Awd dan Az. Namun saat penggerebekan, Az melarikan diri dan kini masih terus dikejar.

Baca juga: Dua Terduga Teroris Diamankan di Bali, Sekda Tabanan Keluarkan Edaran

Densus 88 juga mengamankan beberapa barang bukti lainnya seperti 1 unit sepeda motor, buku rekening serta  9 buah busur panah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com