Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemeja "Indonesia Raya" yang Dipakai Gibran Akan Diproduksi Massal di Pilkada Solo

Kompas.com - 15/10/2019, 12:49 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Kemeja full print bertuliskan "Indonesia Raya" yang dipakai putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka menjadi perhatian masyarakat.

Diketahui kemeja itu dipakai Gibran saat menemui Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dan mendaftar menjadi anggota DPC PDI-P Surakarta, beberapa waktu lalu. 

Kemeja dengan gambar wajah pahlawan nasional Indonesia, seperti Ki Hajar Dewantara, Bung Hatta, HOS Cokroaminoto itu akan diproduksi secara massal pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Diketahui kemeja tersebut diproduksi sendiri oleh tim Gibran.

Koordinator Forum Muda Visioner Solo yang merupakan pendukung Gibran di Pilkada 2020, Antonius Yogo Prabowo mengatakan, respons masyarakat terhadap kemeja yang dipakai Gibran sangat luar biasa.

"Banyak permintaan, banyak masukan (masyarakat) yang pengin entah itu kaus, atau kemeja. Bagi mereka batik (kemeja) Gibran ini simbol kepuasan," ujar Yogo, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (15/10/2019).

Baca juga: Ini Komentar Ganjar Soal Gibran Maju Pilwakot Solo 2020

Menurut Yogo, tidak semua partai politik di Solo memakai kemeja Gibran. Sebab, kemeja tersebut telah menjadi ciri khas bos Markobar untuk maju di Pilkada Surakarta 2020.

Kemunculan kemeja tersebut juga mengingatkan kembali memori masyarakat ketika ayah Gibran, Jokowi maju di Pilkada DKI Jakarta.

Saat itu Jokowi yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, memakai baju kotak-kotak.

Kemeja yang dipakai Gibran juga mengingatkan masyarakat terhadap semangat perjuangan para pahlawan nasional yang telah gugur demi merebut kemerdekaan Indonesia.

"Batik (kemeja) ini menjadi simbol, brand-nya Mas Gibran untuk maju di Pilkada 2020," ungkap Dewan Penasihat DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo ini.

Baca juga: Gibran Masuk PDI-P dan Upaya Politikus Muda Ikut Pilkada...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com