Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Pertamina Bocor, Pemulihan Tanah Tercemar Solar Ditarget Rampung Minggu Depan

Kompas.com - 12/10/2019, 21:08 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Pemulihan tanah yang tercemar solar akibat kebocoran pipa Pertamina di Dusun Sidadadi, Desa Tarisi, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu depan.

"Untuk pemulihan tanah, sesuai info kami sebelumnya ditargetkan pada Minggu depan telah terselesaikan," kata Unit Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY Anna Yudhiastuti melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/10/2019).

Selain upaya pembersihan, kata Anna, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kepala kelurahan dan kepala dusun setempat terkait dampak terhadap lingkungan dan masyarakat.

"Pada hari kelima ini fokus kami tertuju pada upaya pembersihan lingkungan serta komunikasi yang intensif dengan pihak kelurahan, kepala dusun serta warga setempat. Harapan kami dalam waktu dekat keadaan di sini dapat normal kembali dan pekerjaan proyek penambahan pipa Cilacap-Bandung (CB) dapat berlanjut," ujar Anna.

Baca juga: Pipa Pertamina di Cilacap Bocor, Air Sumur Tercemar Solar, Tanaman Rusak

Menurut Anna pipa CB merupakan fasilitas distribusi produk BBM yang berasal dari Terminal BBM Lomanis menuju Terminal BBM Tasikmalaya dan wilayah Jawa Barat lainnya.

"Proyek penambahan pipa CB nantinya diharapkan akan mengoptimalkan distribusi BBM di pulau Jawa khususnya wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat," kata Anna.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah sumur warga di dusun tersebut tercemar solar akibat bocornya pipa milik Pertamina, Minggu (6/10/2019) malam lalu. Selain itu, kebocoran juga mengakibatkan tanaman warga rusak.

Pertamina telah berhasil menutup sumber kebocoran pada pipa CB-1, Rabu (9/10/2019). Namun masih memerlukan waktu untuk masih merecovery pipa hingga akhirnya benar-benar bisa ditimbun dan ditutup.

Baca juga: Pipa Pertamina di Cilacap Bocor, Semburan Solar Setinggi Tiang Listrik, Warga Trauma dan Mengungsi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com