Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Bergerak di Gunung Walat Sukabumi, Warga Mulai Mengungsi

Kompas.com - 12/10/2019, 16:56 WIB
Budiyanto ,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sejumlah warga mulai mengungsi menyusul terjadinya tanah bergerak di kaki perbukitan Gunung Walat, Kampung Benda, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Warga mengungsi ke rumah kerabat atau saudara di beberapa kampung berbeda desa setempat. Namun, ada juga yang mengungsi ke keluarga di Kelurahan Cibadak.

"Kami sekeluarga sementara akan mengungsi karena di sini kami waswas bila terjadi longsor," ungkap Kokoy (40) sambil mengemasi barang saat ditemui Kompas.com di rumahnya Kampung Benda, Sabtu (12/10/2019).

Baca juga: Bencana Tanah Bergerak Kembali Terjang Sukabumi, 2 Rumah Rusak, Dalam Retakan Capai 5 Meter

Apalagi, dia menuturkan bahwa rumahnya ini berlokasi di bawah dari lokasi tanah bergerak yang sudah merusak dua rumah. Juga lokasi rumahnya berada di pinggiran lereng yang di atasnya terdapat aliran irigasi.

"Semalam saja kami sekeluarga dan kakak-kakak saya mengungsi ke mushala dekat rumah. Tapi masih khawatir, rencananya mau mengungsi," tutur dia.

Sementara dua keluarga yang terdampak bencana tanah bergerak, Awan (50) dan Maman (70), sudah menghuni tenda pengungsian sejak Jumat (11/10/2019) sore. Dua tenda jenis keluarga didirikan sekitar 50 meter.

"Saya sama istri semalam tidur di tenda. Namun, tetap saja tidak bisa tidur, dan bergadang sambil ronda," ungkap Awan kepada Kompas.com di Kampung Benda, Sabtu.

Pantauan Kompas.com di lokasi tanah bergerak Sabtu sore ini, hujan mulai turun sekitar pukul 15.10 WIB. Sebelumnya sejak pagi hingga siang kondisi cuaca di lokasi cerah.

Tunggu rekomendasi Badan Geologi

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku akan mendata penduduk yang berada di lokasi bencana tanah bergerak di kaki perbukitan Gunung Walat, Kampung Benda, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak.

"Akan kami inventarisasi posisi rumah-rumah warga sambil menunggu rekomendasi dari Badan Geologi," kata Marwan kepada Kompas.com di Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Kamis (10/10/2019).

Diberitakan sebelumnya bencana tanah bergerak kembali terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Kali ini terjadi di kaki perbukitan Gunung Walat, Kampung Benda RT 05 RW 06, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak.

Bencana geologi mulai dikeluhkan para penghuni rumah sejak dua pekan lalu.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan akibat bencana tanah bergerak, 2 rumah rusak pada lantai dan dinding, selain juga mengancam 42 kepala keluarga (KK) dengan penghuni 181 jiwa.

Baca juga: Tinggal di Huntara, Penyintas Bencana Tanah Bergerak di Sukabumi Kesulitan Air Bersih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com