Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Dompet Dhuafa Ajak Pasien Gangguan Jiwa Bertamasya

Kompas.com - 11/10/2019, 18:18 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
– Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada Kamis (10/10/2019) Dompet Dhuafa mengajak pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk beraktivitas di alam.

Dompet Duafa pun mengandeng Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM)-nya untuk mengajak 30 pasien ODGJ dari Yayasan Jamrud Biru Bekasi bertamasya ke Kebon Raya, Bogor, Jawa Barat. 

Anggota LPM Dompet Dhuafa, Ahmad Fitro menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu dari ragam Program Bimbingan Rohani Pasien (BRP) dari LPM.

“30 ODGJ ini diajak mengelilingi Kebun Raya Bogor menggunakan armada wisata, lengkap bersama tour guide yang menginformasikan ragam hayati di sana,” ujarnya.

Baca juga: Deteksi Dini Gangguan Jiwa dengan Olah Rasa, Cara Cegah Bunuh Diri

Tak hanya bertamasya mereka di sana juga mengadakan ragam kegiatan, seperti lomba adzan, puisi, shalawat dan mengaji, lomba menggambar, serta mewarnai.

Sementara itu, Pendiri Yayasan Jamrud Biru Bekasi, Hartono mengatakan, meski mengalami ganggunan jiwa para pasien ODGJ adalah manusia yang punya nurani.

"Sebagai manusia, saya sangat iba. Lihat saja itu mereka makan sangat lahap,” ujar Hartono.

Ia pun memandingkan ODGJ dengan pengemis yang sering mendapat perlakukan bertolak belakang. 

“Jika ada pengemis di jalan, orang-orang memberinya uang atau makanan, Namun, bila ada mereka (ODGJ), orang-orang memberi kayu bahkan batu," kata Hartono. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com