Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trauma Gempa Ambon, Warga Memilih Dirawat di Halaman Rumah Sakit

Kompas.com - 11/10/2019, 15:13 WIB
Rahmat Rahman Patty,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Pasien di sejumlah rumah sakit di Kota Ambon menjalani perawatan di halaman luar rumah sakit, pascagempa susulan bermagnitudo 5,2 yang mengguncang Ambon dan sekitarnya, Kamis (10/10/2019).

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Rumah Sakit Sumber Hidup GPM yang berlokasi di Jalan Anthony Rihebok, tampak sejumlah pasien menjalani perawatan di dalam sebuah tenda milik BNPB yang didirikan tepat di belakang rumah sakit tersebut.

Beberapa pasien yang dirawat masih menggunakan infus. Mereka dibawa ke luar gedung rumah sakit karena trauma dengan gempa susulan yang terus terjadi di Kota Ambon.

Humas Rumah Sakit Sumber Hidup GPM, Ros mengatakan, sejauh ini ada 11 pasien yang dirawat di dalam tenda tersebut.

“Ada pasien ibu hamil ada yang kena struk dan penyakit lainnya juga,” kata Ros, kepada Kompas.com di rumah sakit tersebut, Jumat (11/10/2019).

Baca juga: Gempa Ambon: 135.875 Orang Mengungsi, 6.795 Rumah Rusak

Dia menjelaskan, keluarga pasien meminta agar pihak rumah sakit mengevakuasi keluarga mereka yang sakit ke luar gedung rumah sakit setelah gempa susulan dengan getaran yang sangat kuat terjadi Kamis kemarin.

“Mereka khawatir ya, apalagi gempa kemarin sangat besar sekali. Tapi ada yang sudah bisa pulang mungkin,” ujar dia.

Saat ini manajemen rumah sakit masih berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Ambon dan Pemerintah Provinsi Maluku untuk mendambah lagi satu tenda untuk didirikan di lokasi.

 

Selain di Rumah Sakit Sumber Hidup GPM, kondisi yang sama juga terjadi di RSUD dr Haulussy Ambon, di kawasan Kudamati.

Ada puluhan pasien rumah sakit yang dirawat di tenda.

“Pasien banyak yang takut, mungkin trauma begitu juga dengan keluarganya jadi mereka dirawat di tenda. Itu sudah sejak tadi malam kita keluarkan mereka di sini,” kata salah seorang petugas medis rumah sakit tersebut.

Sebelumnya saat terjadi gempa pada Kamis (26/9/2019) pekan lalu, puluhan pasien di RSUD dr Haulussy Ambon ini juga dievakuasi ke halaman rumah sakit. 

Baca juga: Gempa Ambon Tak Berpotensi Tsunami, Warga Diimbau Jangan Percaya Hoaks

Salah satu keluarga pasien di RSUD dr Haulussy mengaku mereka merasa lebih nyaman dan tenang keluarganya dirawat di luar ruangan gedung rumah sakit.

”Karena kemarin itu gempanya besar sekali, saya sampai lari tinggalkan kakak saya yang sedang sakit,” kata Welda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com