Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh, 2 Ikan Mola-mola "Raksasa" Mati Terdampar di Pulau Buru

Kompas.com - 07/10/2019, 15:44 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Ditengah kekhawatiran warga akan gempa susulan yang terus terjadi di Pulau Ambon dan sekitarnya, warga di Pulau Buru, Maluku, kembali digegerkan dengan terdamparnya ikan mola-mola di dua lokasi pantai berbeda di pulau tersebut.

Dari informasi yang diterima Kompas.com lokasi penemuan terdamparnya ikan berukuran besar tersebut berada di pesisir pantai Desa Lamahang, Kecamatan Waplau, dan di pantai Desa Hatawano, Kabupaten Buru, Maluku.

Salah satu warga Desa Lamahang, Syarif Kaimudin yang dihubungi dari Ambon mengatakan, ikan yang ditemukan terdampar di pesisir pantai desanya itu sangat besar.

Saat ditemukan ikan tersebut sudah dalam keadaan mati dan sempat menghebohkan warga.

Baca juga: Bangkai Ikan Mola yang Terdampar di Teluk Ambon Dikubur di Tepi Pantai

“Mati terdampar Sabtu dua hari kemarin, ukurannya itu sekitar 3 meter panjangnya,” kata Syarif, kepada Kompas.com via pesan pendek, Senin (7/10/2019). 

Dia menyebut, setelah mengetahui kejadian itu, warga langsung berbondong-bondong ke pesisir pantai untuk melihat dari dekat kondisi ikan tersebut.

Sejumlah warga, kata Syarif, bahkan mengaitkan penemuan ikan tersebut dengan bencana alam.

”Heboh di sini, ada juga sampai bilang ini pertanda akan terjadi sesuatu dan sebagainya, karena katanya di Ambon itu sebelum gempa juga sebelumnya ikan jenis ini terdampar juga di pantai,” kata dia.

Sementara, warga Desa Hatawano, Siti mengatakan, ikan dengan jenis yang sama juga ditemukan terdampar pesisir pantai desanya. Ikan tersebut kini telah dikuburkan di pesisir pantai desa tersebut.

“Di sini juga ada ikan itu yang terdampar, tapi saya dengar sudah ditanam warga kemarin,” ujar dia.

Staf Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (PSPL) Sorong Satuan Kerja Ambon, Wiwit Handayani yang dikonfirmasi Kompas.com membenarkan terdamparnya ikan mola-mola di peraiaran Pulau Buru.

Baca juga: Benda Asing yang Berada di Perut Ikan Mola Masih Misterius

“Benar, ada ikan yang terdampar di sana (Pulau Buru). Itu jenis ikan mola-mola,” kata dia saat dihubungi.

Namun, saat disinggung soal penyebab kematian ikan-ikan tersebut, Wiwit enggan menjelaskan secara detail dan hanya menyebut ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kematian ikan-ikan tersebut.

“Ada beberapa faktor, kita juga tidak di lapangan jadi tidak bisa jelaskan, jadi no comment ya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com