Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OTT Bupati Lampung Utara, Ini Kesan Warga soal Agung Sebelum Jadi Bupati

Kompas.com - 07/10/2019, 13:59 WIB
Tri Purna Jaya,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com - Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dikenal supel dan ramah saat masih menjabat sebagai Camat di Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung.

Pemilik gerai jahit yang berada tepat di samping rumah pribadi Agung di Jalan Sultan Haji, Kelurahan Kota Sepang, Labuhan Ratu, Rizki mengatakan, Agung memang dikenal sebagai camat yang sering berinteraksi dengan warganya.

Interaksi itu terlihat di sekitar rumah maupun di area kecamatan tempat dia bertugas.

Baca juga: OTT Bupati Lampung Utara, Rumah Pribadi Agung Terlihat Sepi

Sebelum menjabat Bupati Lampung Utara pada periode 2014 – 2019, Agung menjadi Camat Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung.

“Kami tetanggaan sejak tahun 2008. Dulu sering (shalat) Jumat bareng. Orangnya baik, sering kasih sumbangan. Tapi sejak jadi Bupati memang jarang pulang, paling ada orang yang bersih-bersih di rumahnya,” kata Rizki saat ditemui, Senin (7/10/2019).

Rizki menambahkan, saat masih menjadi Camat, Agung sering kumpul dengan warga, bahkan untuk hanya sekadar berbincang hal-hal yang ringan.

Ketua RT 05, Lingkungan II, Syahruddin, membenarkan bahwa Agung memang sering berkumpul dengan warga jika sedang berada di rumah pribadinya.

Biasanya, kata Syahruddin, Agung datang ke masjid yang berada di lingkungan tersebut.

“Terakhir, dia (Agung) ngundang seluruh warga sini, makan-makan di rumahnya habis pelantikan Maret kemarin,” kata Syahruddin.

Baca juga: Polda Papua Tetapkan 13 Tersangka Kerusuhan Wamena

Diberitakan sebelumnya, Agung ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan di rumah dinas Bupati Lampung Utara, Minggu (6/10/2019) malam.

OTT tersebut diduga terkait proyek di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lampung Utara.

KPK juga menyita uang sebanyak Rp 600 juta yang diduga hendak diserahkan kepada Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com