Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Listrik di Wamena Pulih Seluruhnya

Kompas.com - 07/10/2019, 10:56 WIB
Dhias Suwandi,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - PT PLN telah berhasil memulihkan 100 persen jaringan kelistrikan yang terdampak kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Perbaikan tersebut memakan waktu hampir dua pekan.

"Saat ini sejumlah 142 gardu, 180 kms JTM dan 336 kms JTR telah beroperasi kembali," ujar General Manager PLN UIWP2B J A Ari Dartomo, dalam keterangan tertulis, Senin (7/10/2019).

Meski demikian, menurut Dartomo, dari 21.800 pelanggan di Wamena, masih ada 1.000 pelanggan yang belum mendapat aliran listrik kembali.

Baca juga: Panglima TNI: Ada 3.800 Pengungsi di Wamena, 8.600 Orang di Jayapura

Hal ini disebabkan bangunan rumah, toko, atau ruko milik pelanggan tersebut rusak akibat kerusuhan.

"Jika bangunan milik pelanggan yang terdampak telah diperbaiki, kami siap segera menyalakannya kembali. Lokasi tersebar untuk bangunan-bangunan yang belum menyala, tapi di sekitar kota," kata Dartomo.

Dartomo menyebutkan, kini daya pembangkit di Wamena mencapai 6,5 megawatt dengan beban puncak kurang lebih 4,7 megawatt.

Jumlah ini akan meningkat seiring dengan kembali normalnya aktivitas di kota tersebut.

Dengan kondisi kelistrikan yang telah pulih dan keamanan yang berangsur membaik, diharapkan roda perekonomian di Wamena dapat kembali seperti sebelumnya.

Pelanggan di Wamena yang sedang mengalami gangguan kelistrikan dapat segera melapor ke Posko PLN di Jalan Yos Sudarso agar mendapatkan penanganan secepatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com