Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geo Dipa Dukung Pembangunan Ekonomi Daerah di Melalui KPBU

Kompas.com - 05/10/2019, 10:19 WIB
Aprillia Ika

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Geo Dipa Energi (Persero)  bersama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia menginisiasi kerja sama antara Pemerintah Daerah dalam pembangunan infrastruktur.

Inisiasi diwujudkan dalam Kegiatan Sosialisasi Kerja Sama Pemerintah Daerah dan Badan Usaha (KPBU) untuk Pembangunan Ekonomi Masyaraat dan Pembinaan Lingkungan khususnya di wilayah Banjarnegara dan Wonosobo, pada Kamis (03/10/2019).

Merujuk Peraturan Presiden No.35/2015 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur, KPBU merupakan kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur dengan tujuan untuk kepentingan umum yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber Badan Usaha dengan pembagian risiko antara para pihak.

Baca juga: Wapres Kalla Sindir Listrik Panas Bumi Lamban, Ini Kata Dirut Geo Dipa

 

Dengan kata lain, KPBU merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah dengan Badan Usaha dalam penyediaan infrastruktur dan layanan publik melalui skema pendanaan dan pembiayaan dari badan usaha.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Astera Primanto Bhakti menjelaskan bahwa KPBU menjadi salah satu solusi dari keterbatasan APBN dalam membiayai pembangunan infrastruktur.

"Oleh karena itu, KPBU menjadi alternatif pembiayaan yang dilakukan untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan layanan publik," kata dia melalui rilis pers ke Kompas.com, Jumat (4/10/2019). 

Direktur Utama Geo Dipa Riki Firmandha Ibrahim, mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan agar pembangunan ekonomi di daerah bisa dilakukan secara maksimal dengan adanya skema pembiayaan antara pemerintah dan badan usaha.

“Kami juga berharap bahwa kegiatan ini menjadi ajang untuk berdialog dan bersinergi antara pemerintah daerah dengan badan usaha,” katanya.

Baca juga: Wapres Duga Ada Kriminalisasi dalam Kasus Hukum PT Geo Dipa Energi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com