Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oknum Pensiunan TNI Ditangkap karena Status di Facebook, Begini Penjelasannya

Kompas.com - 04/10/2019, 18:03 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Kasubdit V Cyber Dit Reskrimsus Polda Lampung AKBP Rahmat Mardian menyebut pemilik akun facebook "Abung Siwomogo" adalah pensiunan anggota TNI AD.

"Setelah di lakukan analisa/lidik terhadap akun facebook atas nama Abung Siwomogo diketahui bahwa pemilik akun tersebut bernama Syamsul, pensiunan TNI AD," kata Rahmat Mardian, Jumat (4/10/2019).

Syamsul (55) berdomisili di wilayah Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga: Pria di Lampung Ditangkap Polisi karena Status di Facebook

Menurutnya, setelah mendapatkan identitas tersebut, personel subdit V Cyber melakukan koordinasi dengan POM TNI AD untuk mengamankan pelaku.

Polisi menduga pelaku menyebarkan konten di halaman Facebook yang bermuatan provokasi dan ujaran kebencian terhadap Presiden RI Joko Widodo atau pemerintah.

Polisi mengamankan 1 unit ponsel Redmi 3, akun Facebook atas nama “Abung Siwomigo”, 1 buah simcard Telkomsel dan 1 buah simcard Tree.

Sebelumnya diberitakan, seorang pensiunan di Lampung ditangkap polisi karena diduga menyebar ujaran kebencian terhadap kepala negara.

Pelaku adalah pria berinisial S dengan akun Facebok "Abung Siwomogo" mengunggah kalimat berbunyi, "Pak Jokowi, sudahlah mundur saja, sudah 80 persen rakyat Indonesia tidak menyukaimu. Tanamkan lah rasa malu sedikit di dalam hidupmu".

Baca juga: Tersangka Kasus Ujaran Kebencian Tentang Papua Akui Tersulut Emosi soal OPM

Dia juga menulis kalimat lain di akun Facebook miliknya yang berbunyi, "Prabowo sekarang tidak berkuasa, kok banyak mahasiswa hilang? Berarti bukan Prabowo dong pelakunya, hayoo ngaku".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com