Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Batik, Pelajar Disabilitas di Pangkal Pinang Diajari Membatik

Kompas.com - 03/10/2019, 13:11 WIB
Heru Dahnur ,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Memperingati Hari Batik Nasional pada Rabu, (2/10/2019), DPC Perkumpulan Wanita Wirausaha (Perwira) Kota Pangkal Pinang menggelar edukasi membatik di Taman Sari Wilhelmina Park.

Kegiatan yang mengusung tema perempuan ikut melestarikan warisan budaya membatik itu juga melibatkan para pelajar disabilitas.  

Wali Kota Pangkal Pinang Maulan Aklil mengatakan, Hari Batik Nasional adalah momen yang tepat untuk mempromosikan batik di Pangkal Pinang.

Baca juga: Kisah Perjuangan Disabilitas Perajin Batik, Buta Warna hingga Ditolak Pembeli

Momen ini juga digunakan untuk mengajak semua lapisan masyarakat, termasuk warga disabilitas untuk bersama membangun kota.

“Seni membatik adalah warisan budaya yang sudah diakui dunia. Butuh kesabaran dan ketelitian," kata Maulan di Wilhelimna Park, Rabu.

Wali kota secara simbolis membuka acara dengan ditandai mencanting batik yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pangkal Pinang Monica Haprinda Ketua DPC Perwira Hj Apong Komariah dan Ketua Panitia Yundarti.

Motif batik yang dikembangkan pun mengandung unsur budaya lokal, misalnya motif burung hong kemala, naga melingkar, pohon bambu, pucuk rebung, hingga jalinan akar.

Ketua DPC Perwira Hj Apong Komariah mengatakan, edukasi membatik kepada masyarakat diharapkan bisa memunculkan perajin batik andal dari Kota Pangkal Pinang.

“Kegiatan ini untuk memberikan edukasi membatik kepada masyarakat. Penggunaan batik juga sudah diakui pemerintah bahkan dunia," ujar Maulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com