Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiri Peringatan Hari Batik Nasional, Presiden Jokowi Ikut Membatik Cap di Pura Mangkunegaran

Kompas.com - 02/10/2019, 12:07 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri peringatan Hari Batik Nasional 2019 di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Rabu (2/10/2019).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, orang nomor satu beserta istri itu tiba di Pura Mangkunegaran sekitar pukul 10.00 WIB.

Turut dalam rombongan istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla, para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wakil Wali Kota Achmad Purnomo, dan lainnya.

Baca juga: Terbang ke Boyolali, Jokowi Akan Hadiri Peringatan Hari Batik Nasional

Presiden Jokowi memakai kostum batik lengan panjang berwarna cokelat sedang Ibu Negara Iriana memakai kebaya merah dan jarit untuk bawahan.

Presiden Jokowi dan Iriana serta Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi stand membatik di halaman Pura Mangkunegaran. Bahkan, Presiden Jokowi sempat membatik cap di stand tersebut.

Begitu pula dengan Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla. Kedua istri dari pemimpin negara ini juga ikut membatik menggunakan canting.

Presiden Jokowi mengatakan sejak batik ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda dari Indonesia, pertumbuhan batik di Indonesia semakin pesat.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Ridwan Kamil Kenakan Karya Sendiri, Garuda Kujang Kencana

Hal ini ditandai dengan meningkatnya perajin batik, semakin masifnya batik digunakan masyarakat dan tampil di panggung fashion dunia.

"Tugas kita mengajak generasi muda Indonesia untuk terus mencintai batik, mengajak masyarakat dunia untuk mengenakan dan mengangumi batik," tandasnya.

Lebih jauh, Presiden Jokowi berpesan peringatan Hari Batik Nasional 2019 meneguhkan komitmen bangsa untuk melestarikan batik.

"Dan menumbuhkan ekonomi rakyat yang merata melalui batik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com