Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Rawan Kebakaran, Akses Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Masih Ditutup

Kompas.com - 02/10/2019, 06:46 WIB
Andi Hartik,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – Pengelola Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo belum membuka jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang, meskipun kebakaran hutan di kawasan itu sudah dipastikan padam.

Pihak pengelola menganggap jalur pendakian gunung setinggi 3.339 mdpl itu masih belum aman bagi pendaki karena masih berpotensi terjadi kebakaran hutan.

“Pendakian masih ditutup, karena rawan kebakaran,” kata Kepala Tahura R Soejo, Ahmad Wahyudi, melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (1/10/2019).

Wahyudi mengatakan, selama musim kemarau masih berlangsung, potensi kebakaran hutan di kawasan itu masih tinggi. Karenanya, pihaknya akan membuka jalur pendakian setelah musim kemarau berlalu.

Baca juga: Kebakaran Hutan Gunung Arjuno Capai 100 Hektar, Sejumlah Vegetasi Hangus Terbakar

“Sampai turun hujan mas, biar tidak ada lagi debu dari sisa-sisa kebakaran,” kata dia.

Hutan di kawasan Gunung Arjuno sudah terbakar sebanyak dua kali selama musim kemarau ini. Pertama, hutan di kawasan itu terbakar pada akhir Bulan Juli hingga awal Bulan Agustus.

Ketika itu, petugas mengerahkan water bombing atau pengebom air melalui helikopter untuk memadamkan api. Luas kebakaran diperkirakan mencapai 300 hektar.

Hutan di kawasan itu kembali terbakar pada Sabtu (28/9/2019) lalu. Api baru bisa dipadamkan pada Selasa (1/10/2019).

Luas kebakaran diperkirakan mencapai 100 hektare dengan membakar sejumlah vegetasi hutan berupa cemara, manisrejo dan semak belukar.

Baca juga: Karhutla di Gunung Arjuno, Sebagian Besar Api Sudah Padam

Setelah kebakaran pertama padam, pengelola Tahura R Soerjo sempat membuka akses pendakian menuju Gunung Arjuno dan Welirang.

Lalu pada 17 September, pengelola kembali menutup akses pendakian karena dianggap hutan di Gunung Arjuno dan Welirang rawan terjadi kebakaran.

Gunung Arjuno dan Welirang merupakan dua gunung yang berdampingan.

Pendakian menuju dua gunung itu bisa dilalui dalam satu perjalanan pendakian. Keduanya berada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com