Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Ponorogo 2020, Petahana Bangun Koalisi Raksasa

Kompas.com - 01/10/2019, 16:55 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni dipastikan maju sebagai petahana di Pilkada Ponorogo 2020. Politisi Partai Nasdem ini berencana membangun koalisi raksasa.

Dalam koalisi raksasa, dia akan mengajak semua partai politik untuk berkoalisi mendukungnya meski dia sendiri sebenarnya bisa maju didukung partainya tanpa koalisi.

"Di Ponorogo, Nasdem partai pemenang dengan 10 kursi. Bisa usung pasangan tanpa koalisi," kata Ketua Bapilu DPW Partai Nasdem Jatim ini di Surabaya, Selasa (1/10/2019).

Pekan lalu dia mengaku sudah mendaftar sebagai calon bupati Ponorogo di PDIP. "Jika partai lain membuka pendaftaran, saya juga akan ikut daftar," jelasnya.

Baca juga: Nama Calon Bermunculan Jelang Pilkada Sidoarjo, dari Anak Kiai hingga Putra Bupati

Baginya, membangun daerah tidak bisa jika hanya dilakukan oleh 1 atau 2 kelompok partai. Pembangunan menurutnya harus dilakukan secara gotong royong dan melibatkan semua pihak termasuk partai politik.

"Pun juga jika ada masalah, akan terasa ringan jika dirembug atau diselesaikan bersama-sama," ucapnya.

Tentang siapa calon wakil bupati yang akan digandengnya, dia belum bisa berandai-andai. Ipong juga belum melakukan komunikasi politik dengan wakilnya saat ini, Soedjarno.

Di Pilkada 2015 lalu, Ipong bersama Soedjarno berhasil memenangkan Pilkada Ponorogo.

Didukung Partai Nasdem, PAN dan Gerindra, pasangan ini berhasil mengalahkan pasangan Sugiri Sancoko - Sukirno yang diusung Partai Demokrat, Partai Gokar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Baca juga: Peluang Gibran Maju Pilkada 2020 dari DPC PDI-P Surakarta Tertutup, Ini Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com