Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSI Surakarta Terus Branding Nama Gibran di Masyarakat untuk Pilkada 2020

Kompas.com - 01/10/2019, 06:05 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Dewan Penasihat DPD PSI Kota Surakarta Antonius Yogo Prabowo menyatakan, telah mendapat restu dari DPP PSI terkait dukungannya terhadap putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, di Pilwakot 2020.

"Sekitar dua minggu lalu kami bertemu DPP. Pertemuan itu selain membahas internal partai, salah satu pembahasan kami masalah Pilkada di Solo," terang Yogo, kepada Kompas.com, di Solo, Jawa Tengah, Senin (30/9/2019).

Yogo menyampaikan, dari hasil pertemuannya itu DPP merestui dukungan DPD PSI Kota Surakarta terhadap Gibran di Pilwakot.

Baca juga: PSI Kumpulkan 40.000 KTP Dukung Gibran Maju Pilwakot Surakarta

"Bahwa kita harus bersikap berbeda sesuai kayak anak muda. Banyak masyarakat Solo yang mengehendaki tokoh muda tampil. Di DPP juga memberikan contoh mendorong terus tokoh-tokoh muda yang masuk di ranah eksekutif atau kepala daerah," ucap dia.

Menurut dia, keputusan PSI Kota Surakarta memberikan dukungan terhadap Gibran bukan tanpa alasan. Bos Markobat itu dinilai sebagai sosok muda visioner dan potensial. 

Sehingga, terang Yogo, Gibran harus diberikan kesempatan untuk mewakili generasi muda Solo maju sebagai calon wali kota.

"Secara anak muda beliau magnet. Segala ucapan apapun irit. Terkesan pelit, justru di situ kekuatannya. Orang yang sering tidak mengumbar kata-kata," kata dia.

PSI telah menjalin komunikasi dengan berbagai organisasi relawan dan forum pemuda di Solo untuk bersama memberikan dukungannya kepada suami dari Selvi Ananda tersebut. 

Meski belum bertemu secara langsung dengan Gibran terkait dukungan itu, Yogo mengaku telah menjalin komunikasi dengan orang dekat Gibran.

Baca juga: PDI-P Sebut Gibran Tak Bisa Ujug-ujug Jadi Calon Kepala Daerah

Bahkan, dukungan PSI telah mendapat sinyal baik dari Gibran melalui timnya.

"Menurut teman-teman atau timnya (Gibran) ada lampu hijau. Silakan terus dibikin kegiatan supaya nama Gibran semakin dikenal di masyarakat. Kita terus bantu branding-nya itu," terang Yogo.

Yoga menegaskan, apakah Gibran nanti akan diusung oleh PDI-P atau tidak, PSI tetap akan memberikan dukungan terhadap Gibran lewat jalur independen.

"Kami sebenarnya tidak ada masalah dengan kawan-kawan di PDI-P. Kenapa (calonnya) tidak diberikan kepada anak muda. Yang kami tawarkan itu. Masih banyak anak muda yang menurut kami berpotensi, memiliki kemampuan, dan kapabilitas untuk maju sebagai wali kota," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com