Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Meninggal saat Diksar Pecinta Alam, Ini Pengakuan Panita

Kompas.com - 30/09/2019, 21:17 WIB
Tri Purna Jaya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com – Panitia pendidikan dasar (diksar) UKM pecinta alam Cakrawala Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Lampung (Unila) menyatakan telah menjalankan diksar sesuai SOP yang berlaku.

Alumnus UKM Cakrawala, Perdiansyah mewakili panitia pelaksana mengatakan, pelaksanaan diksar di Desa Cikoak, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran itu sudah dilakukan sesuai dengan SOP, termasuk dalam penanganan medis.

Diketahui, mahasiswa Jurusan Sosiologi Fisip Unila bernama Aga Trias Tahta meninggal dunia saat mengikuti diksar UKM pecinta alam Cakrawala pada Minggu (29/9/2019). Aga diketahui sempat pingsan saat mengikuti diksar.

Perdiansyah membenarkan, Aga sempat pingsan dua kali pada Kamis (26/9/2019) dan Minggu. Diduga, karena Aga kelelahan.

Baca juga: Satu Mahasiswa FISIP Unila Meninggal Saat Ikut Diksar UKM Pecinta Alam

“Saat jatuh yang pertama sudah ada upaya penanganan medis dari panitia. Kemudian, saat persiapan pelantikan pada Minggu pagi, korban jatuh lagi dan oleh panitia dievakuasi ke pemukiman warga. Setelah itu dibawa ke rumah sakit,” kata Perdianysah, Senin (30/9/2019).

Pengurus UKM Cakrawala, Shyntia Claudia mengatakan, pelaksanaan diksar tersebut sudah sesuai standar yang telah ditentukan sebelumnya. Diksar tersebut mencakupi pelatihan mental dan fisik.

“Kegiatan fisik seperti push up. Kegiatan ini sudah sesuai standar diksar pecinta alam lainnya, tujuannya agar bisa menghadapi dan beradaptasi terhadap kondisi alam,” katanya.

Shyntia mengungkapkan, dia sempat bertemu dengan Aga pada awal kegiatan diksar dimulai. Saat itu, kondisi Aga terlihat sehat. Tetapi, pada hari kamis, Aga dikabarkan drop.

“Kalau riwayat penyakit, Aga menuliskan tuli pada biodata yang ada di panitia,” katanya.

Shyntia juga menegaskan, diksar UKM Cakrawala sudah ada surat izin dari pihak fakultas. Begitu juga, sebelum mengikuti diksar, peserta dimintakan surat izin yang ditandatangani orangtua.

Shyntia mengatakan, ada 13 mahasiswa yang mengikuti diksar tersebut, 12 peserta adalah angkatan 2019 dan 1 orang peserta angkatan 2018.

Baca juga: Mahasiswa Tewas Saat Diksar Menwa, Polisi Periksa Pihak UIN Palembang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com