Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bangun Sektor Batiniah, Pemdaprov Jabar Kolaborasi dengan Guru Madrasah

Kompas.com - 26/09/2019, 17:25 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
- Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, atensi pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar saat itu tidak hanya infrastruktur, tetapi juga fokus pada sektor batiniah.

Menurut dia, hal tersebut terlihat dari sejumlah program keumatan Pemdaprov Jabar, seperti Magrib Mengaji, Satu Desa Satu Hafidz, English for Ulama, One Pesantren One Product (OPOP), dan Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra).

UU sendiri mengatakan itu saat membuka Focus Group Discussion (FDG) dan Rakor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PGM Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (26/9/2019).

Untuk menyukseskan program tersebut, UU melanjut, ia mengajak guru madrasah yang tergabung dalam Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) wilayah Jabar berkolaborasi dengan Pemdaprov Jabar.

"Kami punya keterbatasan. Salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM). Maka itu, mari lembaga seperti PGM ini turut menyukseskan program kami, khususnya program keumatan,” kata Uu seperti dalam keterangan tertulisnya. 

Baca juga: Resmikan UPB, Wagub Uu Tekankan Pentingnya Pendidikan Moral

Bukan tanpa alasan UU meminta PGM terlibat, sebab ia menilai guru-guru madrasah punya peran penting dalam meningkatkan moral dan akhlak generasi muda di Jabar.

Dia pun berharap guru madrasah terus mengasah keahlian dan profesionalisme, sehingga dapat mencetak siswa-siswi Jabar yang agamis dan cerdas.

"Fungsi guru madrasah ini sangat strategis dalam mewujudkan visi Jabar Juara Lahir Batin," kata Uu.

Wagub UU pun yakin bila konsep kolaborasi antara Pemdaprov Jabar tersebut berjalan bisa  mengakselerasi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Pasalnya, tanpa kolaborasi pembangunan Jabar tidak akan berjalan dengan cepat atau ngabret.

Lebih lanjut, Uu meminta pula ada pembahasan terkait teknis kolaborasi. Hal itu penting dilakukan untuk mematangkan kolaborasi antara Pemdaprov Jabar dan PGM Jabar.

Baca juga: Wagub Uu Tegaskan Jabar Punya Potensi Berdayakan Masjid

"Silakan disusun konsep kerjasamanya seperi apa," ucapnya dalam FGD dan Rakor PGM tersebut.

Sementara itu, Ketua DPW PGM Jabar Heri Purnama mengatakan, salah satu tujuan digelarnya FGD dan Rakor adalah untuk menyelaraskan program PGM Jabar dengan Pemdaprov Jabar.

Dia pun menyatakan, pihaknya siap berkolaborasi dalam program-program keumatan Pemdaprov Jabar.

"Kami sedang menyinergikan program kami dengan program Pemda Provinsi Jabar, teknisnya sedang dibahas, intinya tentu kami siap berkolaborasi," kata Heri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com