Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswanya Ikut Demo, Seluruh Kepala SMK dan SMA Dikumpul di Polda Sulsel

Kompas.com - 26/09/2019, 15:24 WIB
Hendra Cipto,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Polisi mengumpulkan seluruh kepala sekolah di Makssar pasca-diamankannya ratusan siswa SMK dan SMA yang hendak ikut demonstrasi bersama mahasiswa, Kamis (26/9/2019). Mereka dikumpulkan di Markas Polda Sulawesi Selatan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Asri Sahrun yang dikonfirmasi mengatakan, seluruh kepala sekolah SMK dan SMA sederajat dia telah kumpulkan di markas Polda Sulsel.

Baca juga: Ratusan Pelajar Makassar Demo di Gedung DPRD Sulsel

 

Mereka melakukan pertemuan dengan aparat kepolisian untuk membahas siswa yang ikut demonstrasi dengan mahasiswa.

“Kita melakukan pertemuan, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi selanjutnya aksi demonstrasi siswa SMK dan SMA sederajat. Kedua, kita menunggu hasil penyelidikan polisi dan pemeriksaan terhadap ratusan siswa SMK dan SMA sederajat yang diamankan polisi,” katanya.

Dari hasil penyelidikan polisi, lanjut Asri, menjadi acuan semua untuk menjaga siswa atau anak didik kita agar tidak mudah terprovokasi sehingga ikut demonstrasi dengan mahasiswa.

“Jadi selain seluruh kepala sekolah, semua orangtua siswa yang diamankan juga dihadirkan di markas Polda Sulsel,” tandasnya.

Saat ditanya siswa SMK dan SMA sederajat tersebut mendapat ajakan demonstrasi, Asri mengaku tidak mengetahuinya. Dia pun berharap, hal tersebut terungkap dalam pemeriksaan polisi.

“Kita tunggu saja hasil pemeriksaannya, Dik, dari Polda Sulsel, supaya kita tahu semua apa yang terjadi,” tambahnya.

Sebelumnya telah diberitakan, sekitar 200 pelajar diamankan oleh polisi saat hendak berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Sulawesi Selatan, Kamis (26/9/2019).

Baca juga: Hendak Demo, 200 Pelajar Makassar Diamankan

 

Mereka diamankan saat sedang mengendarai motor sekitar pukul 09.30 Wita di Jalan Urip Sumoharjo.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo mengatakan, pihaknya mengamankan ratusan mahasiswa ini lantaran melakukan pelanggaran lalu lintas dengan tidak menggunakan helm saat berkendara.

Selain itu, dari hasil penggeledahan yang dilakukan, polisi juga menemukan beberapa senjata tajam di dalam tas para pelajar sekolah menengah seperti busur dan benda tajam lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com