Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 6,8 Magnitudo Guncang Ambon, Kampus, Mal hingga Perkantoran Rusak

Kompas.com - 26/09/2019, 15:24 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatan 6,8 magnitudo yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya, Kamis (26/9/2019), tidak hanya merusak rumah-rumah warga, namun juga sejumlah kampus, fasilitas publik, hingga pusat perbelanjaan.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, dua kampus yang mengalami kerusakan parah yakni kampus Universitas Pattimura Ambon dan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Di Universitas Pattimura misalnya, kerusakan terjadi pada gedung rektorat, gedung auditorium dan juga gedung jurusan kehutanan.

Baca juga: Gempa Ambon, Ribuan Warga di Pulau Seram Mengungsi ke Perbukitan

Sedangkan di kampus IAIN Ambon, kerusakan parah terjadi pada pada kantor rektorat, gedung perkuliahan, serta sejumlah bangunan lainnya.

Selain bangunan kampus, kerusakan juga terjadi pada bagian plafon Gedung BLK, gedung Kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku dan gedung Kantor Dinas Sosial Provinsi Maluku.

"Kerusakan juga terjadi di Maluku City Mall," kata Kepala BPBD Maluku, Farida Salampessy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Selain itu, gempa juga merusak bangunan rumah ibadah berupa masjid dan gereja di Kota Ambon.

Baca juga: Gempa Ambon, Puluhan Rumah Warga di Pulau Seram Rusak Berat

"Sebuah masjid dan gereja juga ikut mengalami kerusakan," ujar dia.

Gempa 6,8 magnitudo mengguncang Pulau Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat pukul 08.46 WIT.

Adapun lokasi gempa berada pada titik koordinat 3,38 Lintang Selatan, 128,43 Bujur Timur atau berjarak 40 km Timur Laut Ambon-Maluku dengan kedalaman 10 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com