Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Ambon, 5 Warga Tewas, Belasan Lainnya Terluka

Kompas.com - 26/09/2019, 12:44 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com-Lima warga di Pulau Ambon meninggal dunia setelah gempa berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya, Kamis (26/9/2019).

Berdasarkan data sementara yang diterima Kompas.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, dua warga dinyatakan tewas setelah tertimbun reruntuhan bangunan di kampus IAIN Ambon. Keduanya yakni Narti Rumain dan Haji Kebo.

Adapun tiga warga lainnya yang juga dinyatakan tewas yakni Frans Masi, warga Nania, Kecamatan Baguala Ambon yang tewas karena tertimpa tanah longsor.

Baca juga: Satu Dosen di Ambon Meninggal karena Gempa Magnitudo 6,8

Sedangkan dua warga lainnya yang merupakan pasangan suami istri yakni Hamid dan Aisya tewas setelah tertimpa reruntuhan bebatuan.

"Untuk korban luka-luka data sementara itu ada empat, mereka terluka akibat tertimpa reruntuhan,"kata Kepala BPBD Maluku Farida Salampessy kepada Kompas.com, Kamis siang.

Adapun keempat warga yang terluka akibat gempa tersebut yakni Djamila Lasaiba, Gamar Assagaff, dan dua warga lainnya yang belum teridentifikasi.

"Korban luka saat ini telah dibawa ke rumah sakit,"ujarnya.

Baca juga: Tidak Berpotensi Tsunami, Warga Kembali ke Rumah Pascagempa Ambon

Namun berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com sampai siang ini ada belasan warga yang dinyatakan terluka akibat gempa tersebut.

Gempa 6,8 magnitudo mengguncang Pulau Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat  sekitar pukul 08.46 WIT. 

Adapun lokasi gempa berada pada titik koordinat 3.38 Lintang Selatan,128.43 Bujur Timur atau berjarak 40 km Timur Laut Ambon-Maluku dengan kedalaman 10 kilometer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com