Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teror Bakar Kantor Pemerintah di Yalimo Papua, Warga Sempat Kejar Pelaku

Kompas.com - 25/09/2019, 19:34 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Warga sempat mengejar pelaku yang hendak berupaya membakar Kantor Dinas Kependudukan Kabupaten Yalimo, Papua, pada hari Selasa (24/9/2019).

"Pembakaran diduga dilakukan oleh beberapa orang. Para pelaku sempat dilihat oleh beberapa masyarakat yang ada di sekitar lokasi. Pada Pukul 21.30 WIT ada sekelompok orang mencoba melakukan pembakaran di kantor Dinas Kependudukan Kabupaten Yalimo dan saat itu juga dilakukan pengejaran oleh masyarakat, namun tidak tertangkap," tutur Kabid Humas Polda Papua Kombes AM. Kamal, di Jayapura, Rabu (25/9/2019).

Baca juga: Warga Penuhi Pangkalan TNI AU, Ingin Keluar dari Wamena

Sementara itu, pada saat bersamaan di tempat lain, sejumlah pelaku berhasil membakar bangunan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yalimo.

"Tadi malam (24/9/2019) sekitar pukul 19.30 WIT telah terjadi pembakaran bangunan bekas kantor Bupati Yalimo yang saat ini digunakan untuk kantor Dinas Kominfo, Satpol PP, BKD dan Dinas Kearsipan," ujar Kamal.

Sementara itu, Kamal menjelaskan, sejumlah barang bukti berhasil ditemukan dan saat ini pihak kepolisian masih belum mau menyimpulkan terkait motif pembakaran tersebut.

"Peristiwa ini masih kita dalami apakah ada keterkaitan kekecewaan mahasiswa terhadap kebijakan pemda atau ada kelompok yang sengaja membuat situasi Yalimo jadi tidak kondusif," kata Kamal.

"Barang bukti yang ditemukan masyarakat yaitu sebuah derigen yang berisikan minyak dan kepala derigennya ikut terbakar. Sekarang barang bukti diamankan di Polsek Yalimo," tambahnya.

Sumber: KOMPAS.com (Dhias Suwandi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com