Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Sumbar Bantu Pemulangan 9 Korban Tewas Kerusuhan di Wamena ke Pesisir Selatan

Kompas.com - 24/09/2019, 22:41 WIB
Perdana Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) siap membantu proses pemulangan 9 jenazah warga asal Pesisir Selatan, Sumbar, yang meninggal di Wamena, Papua, akibat kerusuhan yang terjadi pada Senin (21/9/2019) lalu.

Pemprov Sumbar dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan berkoordinasi membantu transportasi dari Bandar Udara Internasional Minangkabau ke rumah duka masing-masing.

"Kami siap membantu pemulangan jenazah korban yang semuanya berasal dari Pesisir Selatan," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, dalam keterangannya kepada Kompas.com, Selasa (24/9/2019).

Irwan Prayitno menyebutkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Danrem 032 Wirabraja yang punya akses ke Korem 172/PWY Papua.

Baca juga: 9 Korban Tewas Kerusuhan di Wamena Berasal dari Pesisir Selatan, Sumbar

"Kami sudah komunikasi dengan Danrem yang punya akses ke Korem sana. Mayoritas warga Sumbar mengungsi di Makodim setempat," kata Irwan Prayitno.

Pemprov Sumbar mengimbau seluruh warga Sumbar yang ada di kampung halaman maupun di perantauan agar tetap tenang menyikapi insiden di Wamena, Papua yang menewaskan 9 warga yang berasal dari Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Irwan Prayitno juga mengimbau warga Sumbar agar dapat menjaga kondisi untuk tetap kondusif dan tidak terpengaruh dengan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban, dengan mengedepankan semangat nasionalisme dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, kepada warga Sumbar yang masih bertahan di Wamena, diimbau agar berupaya dengan berbagai cara untuk menyelamatkan diri dan jangan terpancing dengan hal apapun yang dapat mengganggu keselamatan.

Baca juga: Pasca-kerusuhan Wamena, 5.000 Orang Mengungsi

Pemprov Sumbar akan selalu berkomunikasi dengan pihak terkait guna memantau perkembangan kondisi masyarakat sumbar di Wamena, sambil mengambil langkah-langkah yang dianggap penting dan perlu untuk keselamatan warga Sumbar di Wamena.

Pemprov Sumbar membenarkan 9 orang korban yang tewas akibat kerusuhan yang terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, yang berasal dari Sumbar.

Mereka adalah S (36), istrinya P (30) dan anaknya R (4), JA (23), H (20). Kemudian, I (8), IW (24), N (40) dan YN (28).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com