Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Lereng Gunung Slamet di Banyumas Berhasil Padam

Kompas.com - 22/09/2019, 12:52 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Tim gabungan telah berhasil memadamkan kebakaran hutan di lereng Gunung Slamet di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (22/9/2019).

Juru Bicara Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur Sugito mengatakan, tim gabungan telah ditarik ke Posko Karhutla yang didirikan di kawasan Wana Wisata Baturraden Banyumas.

"Berdasarkan hasil rapat evaluasi penanganan karhutla semalam, bersama seluruh pihak, api dilaporkan padam oleh tim 1 pada hari Sabtu (21/9/2019) sekitar pukul 15.00," kata Sugito saat dihubungi, Minggu.

Baca juga: Kisah Pemadam Kebakaran di Kaltim, Kehabisan Makanan, Tersesat hingga Pingsan di Hutan

Menurut Sugito, areal yang terbakar berada di petak 58D-10, 58D-11 dan 58D-12 dengan luas sekitar 15 hektare.

"Langkah selanjutnya, hari ini melakukan pemantauan untuk antisipasi kemungkinan api menyala lagi menuju puncak dan berpotensi menyeberang hingga jalur Gunung Malang," ujar Sugito.

Administratur Perhutani KPH Banyumas Timur Didiet Widhy Hidayat mengatakan, area yang terbakar merupakan kawasan hutan lindung.

Kawasan tersebut berisi pepohonan dan andaman atau tanaman sejenis gambut dengan ketebalan antara 10 sentimeter hingga 20 sentimeter.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hutan di lereng Gunung Slamet di Kabupaten Brebes meluas ke wilayah Kabupaten Banyumas, pada Kamis (19/2/9/2019).

Baca juga: Jatuh Bangun Petugas Padamkan Kebakaran Gunung Slamet, Tulang Retak hingga Kena Hipoksia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com