Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan untuk Kendalikan Titik Api di Gunung Slamet

Kompas.com - 21/09/2019, 12:58 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Ratusan personel dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di lereng barat dan selatan Gunung Slamet.

Secara administratif masuk wilayah Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Komadan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra yang menjadi Komadan Operasi Lapangan Penanganan Karhutla mengatakan, sejak Kamis (19/9/2019) telah dikerahkan lebih dari 400 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, dan masyarakat.

"Kebakaran mengarah ke selatan, inilah yang dilakukan penyekatan sampai dengan sekarang. Kemudian juga mengantisipasi titik api yang lain," kata Chandra di Posko Kebakaran Baturraden, Kabupaten Banyumas, Sabtu (21/9/2019).

Baca juga: Kebakaran Hutan Lereng Selatan Gunung Slamet Terus Meluas

Chandra menjelaskan, lokasi kebakaran berada di kawasan hutan milik Perhutani, yaitu di petak 58 D10, 58 D11, dan 58 D12.

Tiga tim yang masih berada di hutan berusaha membuat sekat bakar agar tidak meluas ke area lain.

"Ini juga rangkaian dari imbas (kebakaran) yang terjadi kemarin (di wilayah Brebes) itu, kemudian masuk ke sini. Ini tentu saja perlu penanganan secara bersama-sama, bersinergi, ini sudah kami komunikasikan," ujar Chandra.

Baca juga: Tim Gabungan Dikerahkan Atasi Kebakaran di Hutan Lereng Barat Gunung Slamet

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hutan lereng Gunung Slamet di wilayah Kabupaten Brebes sejak Selasa (17/9/2019) meluas ke wilayah Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan hasil pemantauan, Kamis (19/9/2019) titik asap telah mencapai Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Kemudian hingga Jumat (20/9/2019) kebakaran telah mencapai wilayah Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com