Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap Sudah Menghilang di Aceh, Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 21/09/2019, 12:32 WIB
Masriadi ,
Jessi Carina

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Malikussaleh memastikan kabut asap yang melanda sejumlah daerah di Provinsi Aceh telah hilang. Sebelumnya selama empat hari terakhir, kabut asap melanda sejumlah kota seperti Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan Kota Langsa.

"Untuk hari ini tidak terpantau kabut asap. Ini disebabkan hujan yang turun dua hari terakhir dengan intensitas sedang," ujar prakirawan BMKG Aceh, Winda R, Sabtu (21/9/2019).

Dia menyebutkan, dari pantauan satelit tidak ada titik api yang berada di Aceh. Namun, kabut asap itu dipastikan berasal dari provinsi lain di Pulau Sumatera yang sedang terjadi kebakaran hutan dan lahan. Winda pun ditanya mengenai potensi Aceh dilanda kabut asap lagi.

Baca juga: Kabut Asap Mulai Berkurang, Jarak Pandang 6 Kilometer di Aceh

"Sangat tergantung arah angin. Apakah arah angin mengarah ke daerah Aceh atau tidak, kalau mengarah ke kita, bisa jadi kita masih terkena kabut asap ke depan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha Bandara Sultan Malikusaleh, Aceh Utara, Niswan, menyebutkan penerbangan dari dan ke bandara itu telah normal kembali.

"Sudah normal kembali penerbangan dari Malikussaleh ke Bandara Kualanamu atau sebaliknya. Semoga kabut asap tidak melanda Aceh lagi agar penumpang bisa terbang menggunakan pesawat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com