Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panjang Sekat Penahan Api di Lahan Gambut Capai 3250 Meter

Kompas.com - 19/09/2019, 23:35 WIB
Amriza Nursatria,
Khairina

Tim Redaksi

MUARA ENIM, KOMPAS.com-Pembuatan galian sekat untuk memotong rembetan api yang membakar lahan gambut agar tidak makin meluas di Desa Kayuara Batu, Kecamatan Muara Belida, Muara Enim, Sumatera Selatan sudah mencapai panjang 3250 meter.

Sekat itu berada di empat lokasi dan diharapkan dapat menanggulangi kebakaran lahan gambut di daerah itu.

Satu dari empat alat berat jenis ekskavator yang dikerahkan,  Kamis (19/9/2019) terus bekerja menggali bekas kanal lama yang sudah dangkal.

Baca juga: Cegah Api Menyebar, Pemerintah Bikin Sekat di Lokasi Kebakaran Gambut

 

Alat berat itu dengan tangkas menggali tanah lalu memindahkan ke tempat lain. Alat berat itu sudah tiga hari terus bekerja bahkan hingga malam untuk membuat sekatan secara cepat.

Sementara. di beberapa lokasi, sekatan berupa kanal dengan lebar 4 meter dan dalam sekitar 3 meter, sudah terlihat menyekat lahan sisi yang terbakar dengan sisi lahan yang belum terbakar.

Komandan Kodim 0404 Muara Enim Letkol Syafrudin yang memimpin pembuatan kanal mengatakan, selama tiga hari ini sekatan yang dibuat sudah mencapai panjang 3250 meter.

3250 meter sekatan itu terbagi di empat lokasi masing-masing di blok A10 sepanjang 850 meter, di blok B850 meter, blok 5B 850 meter dan blok 1A 700 meter.  

“Pengerjaan pembuatan sekatan akan terus dilakukan, targetnya hingga api tidak bisa menyebar lagi,” katanya saat memantau pembuatan sekatan didampingi Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono.

Baca juga: Kebakaran Hutan Gunung Panderman, Rusak Habitat Elang Jawa hingga Sekat Titik Api

Syafrudin menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan air bagi petugas pemadaman darat maka ia sudah memerintahkan operator alat berat untuk membuat spot-spot tempat penampungan air.

“Saat ini dari pantauan udara kondisi di lokasi sini mulai membaik dengan makin berkurangnya lahan yang terbakar,” jelasnya

Sementara itu, di lokasi kebun sawit Desa Kayuara Batu yang sudah 1 minggu ini terbakar, api terlihat masih menyala membakar lahan  gambut di lokasi tersebut.

Asap sisa lahan gambut yang terbakar tampak masih membumbung ke udara. Sejumlah pohon sawit yang akarnya dimakan api juga tampak bertumbangan di lokasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com