Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Tuban, Lantai Gedung Sebuah Bank Retak

Kompas.com - 19/09/2019, 17:49 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

TUBAN, KOMPAS.com - Gempa di barat laut Tuban, Jawa Timur, menyebabkan lantai sebuah bank yang berada di Jalan Raya Pantura, Tuban, retak.

"Sampai dengan pukul 16.30 WIB tadi, kami baru mendengar satu laporan kerusakan bangunan di Bank Panin, keramik lantainya retak. Tidak parah, cuma retak biasa saja, kebetulan lokasi Bank Panin itu kan di Jalan Raya Pantura, dekat laut. Sementara yang lain belum ada," kata Kepala Kelompok Teknisi (Kapoksi) BMKG Tuban, Zumrotul, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/9/2019).

Baca juga: Fakta Terkini Gempa Tuban, Warga Lombok Panik hingga Penjelasan BMKG

Zumrotul mengimbau kepada warga untuk tetap tenang namun waspada, sambil mengikuti perkembangan informasi yang akan terus disampaikan pihaknya.

"Masyarakat juga jangan panik, jangan mudah percaya dengan isu yang tidak benar. Imbauan kami, agar selalu mengikuti perkembangan yang kami berikan," kata dia.

Gempa di barat laut Tuban terjadi dua kali. Gempa pertama terjadi dengan magnitudo 5,6 pada pukul 14.06 WIB.

Sementara yang kedua terjadi pada pukul 14.31 WIB, dengan magnitudo 6,0.

Baca juga: Gempa di Tuban Terasa hingga Mataram, Warga Berhamburan Keluar Rumah

"Untuk yang pertama, kami tidak merasakan getaran. Baru yang kedua magnitudo 6,0 itu, kami yang ada di Tuban merasakan getarannya," ujar Zumrotul.

Selain di wilayah Tuban, gempa ini juga dirasakan hingga Denpasar, Malang, Madura, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Mataram, Lombok, dan Bima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com