Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Pakai Toyota Land Cruiser Saat Tinjau Kebakaran Hutan di Riau, Sewa Rp 8 Juta Per Hari

Kompas.com - 18/09/2019, 08:45 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menempuh perjalanan menggunakan helikopter sekitar satu jam dari Pekanbaru untuk meninjau lokasi bekas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Selasa (17/9/2019).

Helikopter tersebut kemudian mendarat di lapangan yang berjarak enam kilometer dari Desa Merbau.

Untuk menuju lokasi bekas kebakaran, Jokowi menumpangi mobil Toyota Land Cruiser warna hitam dengan pelat bertuliskan INDONESIA dengan latar belakang warna merah.

Saat menuju lokasi, Jokowi didampingi Menkopolhukam Wiranto.

 

Mobil sewa Rp 8 juta perhari

Mobil rental yang dipakai Jokowi mengunjungi lokasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa (17/9/2019).Dok Tribun Pelalawan Mobil rental yang dipakai Jokowi mengunjungi lokasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa (17/9/2019).
Mobil Toyota Land Cruiser yang digunakan Pesiden Joko Widodo disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Dilansir dari Tribunpelalawan.com, mobil tersebut sesuai dengan permintaan protokoler istana.

"Mobil itu kita yang menyediakan sesuai dengan permintaan protokoler istana dan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres)," kata Kasubag Protokol Setdakab Pelalawan, Mulyadi, Selasa (17/9/2019).

Mulyadi mengatakan biaya sewa mobil tersebut Rp 8 juta per hari dan biaya di luar pajak.

"Satu hari biaya rentalnya Rp 8 juta di luar pajak. Itu kategori mobil mewah, kemungkinan milik pribadi. Tapi kita berhubungan dengan perusahaan rentalnya saja," tandas Mulyadi.

 

Sewa di Pekanbaru

Mulyadi mengatakan pihak Pemkab Pelalawan mencari mobil tersebut dengan menghubungi rental mobil di Pekanbaru, yakni Nadik Rental.

Setelah itu, pihak pemkab menyerahkan ke bagian kendaraan kepresidenan.

Mobil tersebut kemudian dibawa ke Markas Komando Resort Militer (Makorem) untuk dipasang pelat Indonesia dan bendera.

Sopir yang mengemudikan mobil disediakan langsung oleh pihak protokoler istana dan membawa mobil tersebut ke lokasi kunjungan.

 

Jokowi ikut salat minta hujan di Riau

Presiden Joko Widodo (kiri) melaksanakan sholat minta hujan (Istisqa) di Masjid Amrullah kompleks Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Selasa (17/9/2019). Usai melaksanakan sholat Istisqa, Presiden Jokowi meninjau penanganan kebakaran lahan di Provinsi Riau. ANTARA FOTO/Akhbari/RM/aww.ANTARA FOTO/AKHBARI Presiden Joko Widodo (kiri) melaksanakan sholat minta hujan (Istisqa) di Masjid Amrullah kompleks Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Selasa (17/9/2019). Usai melaksanakan sholat Istisqa, Presiden Jokowi meninjau penanganan kebakaran lahan di Provinsi Riau. ANTARA FOTO/Akhbari/RM/aww.
Di hari yang sama, Presiden Joko Widodo ikut melaksanakan ibadah salat Istiska di Masjid Amrullah Kompleks Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru.

Salat Istiska ini dilakukan untuk meminta hujan kepada Allah Swt.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com