Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Api Baru di Hutan Gunung Slamet Berhasil Dikendalikan

Kompas.com - 17/09/2019, 08:56 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Tim gabungan telah berhasil memadamkan titik api yang sempat muncul kembali di lereng Gunung Slamet, Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Juru Bicara Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur Sugito mengatakan, titik api yang muncul kembali Senin (12/9/2018 berada di sektor 4 petak 58A. Area tersebut dalam sekat bakar yang telah dibuat, Jumat (13/9/2019).

"Titik asap diketahui oleh SAR Bambangan pukul 12.30 WIB, kemudian segera dilaksanakan koordinasi dan pemadaman. Api berhasil dipadamkan pukul 18.00 WIB," kata Sugito melalui keterangan tertulis, Selasa (17/9/2019).

Sugito mengatakan, luas area yang terbakar sekitar 0,5 hektar. Adapun jumlah kerugian telah terhitung dalam laporan kebakaran yang terjadi sejak Rabu (11/9/2019) hingga Jumat (13/9/2019).

Baca juga: Titik Api Kembali Muncul di Hutan Lereng Gunung Slamet

Untuk mengantisipasi kebakaran susulan, lanjut Sugito, tim gabungan masih melakukan pemantauan. Pemantauan melibatkan sejumlah personil dari berbagai unsur.

"Pemantauan lanjutan oleh tim masih dilaksanakan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran susulan," ujar Sugito.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran dilaporkan terjadi kembali di hutan lereng Gunung Slamet, Senin. 

Sebelumnya, Kebakaran kali pertama diketahui Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 10.00 WIB. Tim gabungan telah berhasil memadamkan kobaran api di hutan lereng Gunung Slamet, Jumat (13/9/2019) sore.

Baca juga: Satu Bulan Berstatus Waspada, Bagaimana Kondisi Gunung Slamet?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com