Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Hari Hilang Setelah Terjatuh dari Kapal, 5 Nelayan Ditemukan Selamat

Kompas.com - 16/09/2019, 19:37 WIB
Rahmat Rahman Patty,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Lima anak buah kapal (ABK) KM Sumber Nelayan 26 yang dilaporkan hilang setelah terjatuh dari kapal di perairan Laut Aru, Maluku, ditemukan dalam keadaan selamat, Senin (16/9/2019).

Kelima nelayan itu, yakni Nopit Burhanudin, Kuat Berkah, Yusuf Supriatna, Asep Ali Mulyadi, dan Wahyudi, sebelumnya dilaporkan mengalami kecelakaan kerja saat kapal yang mereka tumpangi berada di perairan Kepulauan Aru, Sabtu (14/9/2019).  

Kepala Basarnas Ambon Muslimin mengatakan, kelima nelayan itu ditemukan dalam keadaan selamat oleh nelayan setempat dan saat ini telah dievakuasi ke ke Desa Ngaibor, Kabupaten Aru.

“Kelima nelayan yang dinyatakan hilang itu sudah ditemukan selamat. Awalnya warga menemukan tiga orang, selanjutnya dua orang lagi sudah ditemukan,” kata Muslimin kepada wartawan, Senin malam.

Baca juga: Perahu Dihantam Ombak, 2 Nelayan di Cilacap Hilang

Muslimin menjelaskan, petugas Basarnas baru mendapatkan informasi terkait insiden tersebut dari kepala perikanan Dobo dan pemilik kapal pada Senin (16/9/2019) sore sekitar pukul 15.00 WIT.

Setelah mendapatkan informasi itu, petugas bersama unsur SAR lain langsung bergerak untuk mencari para korban yang hilang.

Tiga ABK saat ini masih berada di rumah Babinsa setempat, sedangkan dua ABK lain berada di rumah warga.

Terkait penyebab hingga kelima nelayan tersebut bisa terjatuh dari atas kapal, Muslimin tidak menjelaskannya secara detail.

Baca juga: Nelayan Danau Singkarak Datangi DPRD Sumbar, Tolak Kebijakan soal Alat Tangkap

Dia hanya menyebut bahwa insiden itu merupakan kecelakaan kerja.

“Dengan ditemukannya lima nelayan tersebut, operasi SAR dinyatakan ditutup,” ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com