Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Serentak 19 Daerah di Jatim, 129 Calon Daftar ke PDI-P

Kompas.com - 16/09/2019, 16:26 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sepekan membuka pendaftaan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk bertarung di Pilkada 2020 di 19 daerah di Jawa Timur, PDIP Jawa Timur menerima 129 pendaftar. Jumlah pendaftar tersebut dari kalangan kader maupun non kader.

Hingga hari terakhir waktu pengembalian formulir pada Sabtu (14/9/2019), tercatat sudah ada 129 pendaftar baik untuk calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah. "Cukup banyak yang mendaftar, karena gratis, tanpa biaya," kata Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur, Sri Untari, dikonfirmasi, Senin (16/9/2019).

Selain membuka pendaftaran di kantor DPD PDIP Jawa Timur di Surabaya, pendaftaran juga dibuka di 19 kantor DPC PDIP di seluruh Jawa Timur sejak 9 September pekan lalu.

Baca juga: Mendagri: Persiapan Pilkada Serentak 2020 Harus Dimulai Tahun Ini

Tahap selanjutnya menurut dia, para calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah akan menjalani fit and proper test pada 18 September mendatang. "Kami ingin memilih calon pemimpin daerah yang berkualitas dan memiliki komitmen kuat menyejahterakan rakyatnya," ucapnya.

Dia mengakui PDIP memprioritaskan kader dalam Pilkada 2020, namun tidak menuntut kemungkinan di beberapa daerah khusus, bisa mengusung pendaftar non kader. "Kita sifatnya terbuka, melihat dinamika politik daerah yang sedang berkembang," terangnya.

Pilkada 2020, sebanyak 19 kabupaten/kota di Jatim menggelar pilkada serentak, yaitu Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang dan Kabupaten Ngawi.

Kemudian Kabupaten Mojokerto, kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Gresik serta Kabupaten Kediri. 

Baca juga: PDI-P Targetkan Kemenangan di Atas 60 Persen pada Pilkada Serentak 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com